Eris, Dewi Kekacauan yang Senang Melihat Perselisihan di Yunani Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 11 Oktober 2022 | 10:00 WIB
Dewi Yunani Eris mengilhami ketakutan pada semua orang. ( Likozor)

Nationalgeographic.co.id—Banyak dewa dan dewi Yunani senang menimbulkan rasa sakit, penderitaan, dan kehancuran, tetapi hanya sedikit yang menikmatinya seperti Eris. Eris adalah dewi Yunani dari kekacauan, dan perselisihan. Menurut legenda, dia adalah penyebab banyak perang, termasuk Perang Troya. Dia juga penyebab kelaparan dan penyakit. Di mana ada penderitaan, itu adalah taruhan yang aman bahwa Eris akan disalahkan untuk itu. Dia sering digambarkan sebagai setan, menghantui medan perang dan menikmati pertumpahan darah bersama dengan putranya dan saudara laki-lakinya. Jadi mari kita cari tahu lebih banyak tentang dewi Yunani ini yang suka memulai masalah.

Menurut beberapa mitos, termasuk Iliad karya Homer, dia adalah putri Zeus dan Hera, dan saudara perempuan Ares. Penyair Yunani lainnya bernama Hesiod mengklaim bahwa dia adalah putri Nyx. Namun, Eris, dewi kekacauan, pasti menyebabkan beberapa sakit kepala untuk orang tuanya, meninggalkan jejak kekacauan ke mana pun dia pergi.

Menurut Homer, Eris dekat dengan kakaknya Ares, keduanya senang dalam kekacauan perang. Keinginannya yang tak terpuaskan untuk pertumpahan darah membuatnya tetap berada di medan perang bahkan setelah pertempuran selesai, bersukacita atas rasa sakit dan perselisihan yang dia sebabkan. Dia juga membawa putranya, yang bernama Strife, ketika dia mengendarai keretanya di medan perang. Dia sering memacu kedua belah pihak, mendorong mereka untuk terus berjuang demi kemenangan dengan cara apa pun. Tidak ada dewa atau dewi lain yang berkembang dalam kekacauan seperti yang dilakukan Eris.

Eris, Dewi Kekacauan dan Perselisihan Yunani. (Andrew7)

Bagaimana Eris menyebabkan Perang Troya?

Contohnya adalah pada pernikahan Peleus, seorang raja Yunani menikahi bidadari laut Thetis. Semua dewa Olympian telah diundang, kecuali Dewi Eris. Namun, Eris memutuskan akan tetap muncul dan membalas dendam. Eris, dewi kekacauan, membawa apel emas Hera dengan kata-kata "Untuk yang paling indah" kemudian ia melemparkannya ke kerumunan. Tidak mengherankan, ini menyebabkan perselisihan, karena Hera, Athena, dan Aphrodite mulai berdebat tentang siapa yang pantas mendapatkannya.

Untuk mengakhiri pertarungan, Zeus, raja para dewa Olympus, menunjuk Paris, pangeran Troy, untuk menjadi hakim siapa yang paling cantik. Para dewi menawarkan Paris berbagai hadiah untuk meyakinkannya. Athena menjanjikannya kebijaksanaan. Hera menawarinya kekuatan. Akhirnya dia memilih Aphrodite, yang menggodanya dengan wanita tercantik di dunia: Helen, istri Raja Menelaus dari Sparta.

Apel Emas Perselisihan, Jacob Jordaens, 1633. (Public domain)

Paris merayu Helen dengan bantuan Aphrodite dan membawanya kembali ke Troy. Suaminya Menelaus sangat marah dan mengumpulkan 1.000 kapal untuk mendapatkannya kembali. Ini menandai awal dari Perang Troya, yang sangat menyenangkan Eris. Perang berlangsung sepuluh tahun dan mengakibatkan Troy dibakar habis. Semua karena satu apel, hadiah jahat dari Eris.

Jejak Kekacauan Eris

Eris juga tidak membatasi pekerjaannya di medan perang. Ketika sepasang suami istri bernama Polytekhnos dan Aedon mengaku bahwa mereka saling mencintai lebih dari Zeus dan Hera, Hera menjadi marah. Dia mengirim Eris untuk menciptakan perselisihan di antara mereka. 

Eris mendesak mereka ke dalam kompetisi bahwa siapa pun yang selesai lebih dulu akan memberi yang lain seorang pelayan wanita. Polytekhnos dengan mengerjakan papan berdiri untuk kereta, dan Aedon menyelesaikan proyek menenun. Namun, Aedon selesai lebih dulu, dengan bantuan Hera. Polytekhnos sangat marah.