Dunia Hewan: Spesies Baru Kepiting Tapal Kuda Ditemukan di Kanada

By Ricky Jenihansen, Rabu, 12 Oktober 2022 | 12:00 WIB
Impresi seniman kepiting tapal kuda ordovisium. (Heinrich Harder)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontologi telah menemukan bukti adanya spesies baru kepiting tapal kuda ordovisium, periode pada era Paleozoikum yang berlangsung antara 488 hingga 443 juta tahun lalu. Catatan fosil menunjukan bahwa spesies tersebut hidup sekitar 445 tahun yang lalu di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Kanada.

Deskripsi lengkap temuan tersebut telah diterbitkan di Geological Magazine yang merupakan jurnal akses terbuka. Laporan mereka diterbitkan dengan judul "A new species of the Ordovician horseshoe crab Lunataspis" yang bisa didapatkan secara daring.

Seperti diketahui, kepiting tapal kuda, atau xiphosurans, adalah ordo arthropoda air laut dan payau. Meskipun nama umum mereka adalah kepiting, mereka sebenarnya tidak benar-benar kepiting, dan lebih terkait erat dengan laba-laba dan kalajengking.

"Xiphosurans adalah arthropoda chelicerata akuatik (subfilum dari anggota hewan tak bertulang belakang) dengan catatan fosil ekstensif yang membentang kembali ke Ordovisium," kata penulis utama James Lamsdell, ahli paleontologi di Departemen Geologi dan Geografi di West Virginia University, dan rekan-rekannya.

"Tetapi keanekaragaman yang tampaknya rendah dengan hanya 76 spesies yang dideskripsikan hingga saat ini sepanjang keseluruhan sejarah evolusi 445 juta tahun mereka."

Peneliti mengatakan, meskipun merupakan komponen langka dari ekosistem perairan, empat spesies kepiting tapal kuda yang masih ada telah lama diakui sangat penting bagi dunia biomedis untuk produksi vaksin.

"Meskipun merupakan komponen ekosistem perairan yang langka, empat spesies kepiting tapal kuda yang masih ada telah lama dikenal sebagai bioma yang penting untuk produksi vaksin," kata para peneliti.

"Dan komponen kunci ekosistem mereka yang membutuhkan konservasi aktif, dan merupakan fokus penelitian ekstensif."

Spesimen Lunataspis borealis dan gambar interpretasi. (Lamsdell et al.,)

Tidak hanya itu, kepiting tapal kuda fosil juga telah menjadi subjek dari banyak studi evolusi. Sebagian besar terkait dengan gagasan bahwa kepiting tapal kuda adalah 'fosil hidup' klasik yang menunjukkan tingkat perubahan evolusioner yang rendah.

Narasi tradisional ini telah terbalik dalam beberapa tahun terakhir, dengan kepiting tapal kuda yang telah punah terbukti memiliki keragaman ekologi dan morfologi yang lebih besar daripada bentuk modern.

Pemahaman kita tentang tren keanekaragaman kepiting tapal kuda telah berubah secara drastis dalam dekade terakhir. Satu tren yang tetap konsisten, bagaimanapun, adalah kurangnya spesies kepiting tapal kuda di awal sejarah evolusi mereka, dengan hanya satu spesies yang saat ini dideskripsikan dari Ordovisium.