Apa Jadinya Jika Manusia Hidup Tanpa Asupan Air? Ini Jawabannya

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 12 Oktober 2022 | 14:00 WIB
Air sangat penting bagi kehidupan manusia. (Ketut Subiyanto)

Nationalgeographic.co.id—Jika Anda telah merenungkan pertanyaan 'mengapa air itu penting?' yakinlah, Anda tidak sendirian. Meskipun mungkin tidak mengejutkan mendengar bahwa setiap orang perlu minum air untuk bertahan hidup.  Kebanyakan dari kita menghabiskan asupan air harian tanpa benar-benar memahami apa yang membuat air begitu penting.

Kenyataannya, mengetahui bagaimana tetap terhidrasi dengan air sangat penting, karena sebagian besar karena tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air. Setiap harinya, tubuh terus-menerus kehilangan air melalui urin, keringat, dan bahkan hanya bernapas, kita perlu memastikan bahwa cairan itu terganti agar sel, jaringan, dan organ kita dapat berfungsi secara optimal.

Air adalah pelarut, yang berarti bahwa zat lain dapat larut di dalamnya, yang memungkinkan transportasi mereka antar sel dalam tubuh. Zat seperti glukosa (sumber bahan bakar yang disukai tubuh) dan asam amino (bahan penyusun protein) larut dengan sangat efektif dalam air, dan menggunakan air sebagai pembawa zat tersebut ke seluruh tubuh.

Menurut Jurnal Biokimia, air juga membawa vitamin dan mineral ke dan dari sel, dan sangat penting dalam menghilangkan produk limbah dari sel individu. Lebih lanjut, konsumsi air memastikan volume darah, kekentalan, dan sirkulasi yang tepat, yang sangat penting untuk fungsi yang tepat dari semua organ dan jaringan tubuh.

Air juga sangat penting untuk mengatur suhu tubuh. Ini memiliki kapasitas besar untuk menyimpan panas, mencegah penurunan suhu internal yang besar dan cepat, dan melalui keringat, air dapat dikatakan sebagai jalan paling efisien untuk kehilangan panas ketika suhu lingkungan lebih tinggi dari suhu tubuh.

Selain itu, air sangat penting untuk membentuk banyak cairan tubuh: air mata, air liur, keringat, urin, dan darah. Air juga merupakan pelumas yang sangat efektif untuk sendi membantu menghasilkan cairan sinovial dan tulang rawan, yang membantu menjaga kesehatan sendi melalui gerakan halus. Air juga membantu kesehatan sendi dengan mempertahankan bentuk sel, bertindak sebagai peredam kejut selama aktivitas berdampak seperti berjalan atau berlari, yang bahkan melindungi otak dan sumsum tulang belakang.

Apa yang terjadi jika tidak minum air?

Tidak minum cukup air dapat menyebabkan dehidrasi dengan sangat cepat, dan ini lebih umum dari yang kita kira. Menurut makalah tahun 2020 di StatPearls, antara 28% dan 75% orang dewasa di AS mengalami dehidrasi pada saat tertentu. Ini adalah

Dikaitkan dengan sejumlah faktor, terutama konsumsi berlebihan minuman berkafein seperti kopi dan minuman ringan, yang menurut studi 2018 di Nutrients daftar sebagai pengganti air yang umum yang bertindak sebagai diuretik yang menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak air. .

Bahkan dehidrasi 'ringan' (kehilangan air yang setara dengan 1-2% dari berat badan) dapat menyebabkan gangguan yang signifikan dalam fungsi kognitif, konsentrasi, kewaspadaan, memori, kinerja fisik, keterampilan khusus olahraga, dan daya tahan fisik.

Kehilangan air yang lebih besar sesuai dengan 4% dari berat badan (yang menurut penelitian masih 'ringan') dapat menyebabkan fungsi kardiovaskular yang buruk karena volume plasma darah turun yang menyebabkan peningkatan denyut jantung dan volume sekuncup (jumlah darah yang diperfusi jantung per denyut). Dehidrasi tingkat ini juga dapat menyebabkan penurunan aliran darah kulit dan keringat, yang menyebabkan peningkatan suhu tubuh, yang dapat memperumit dehidrasi akibat panas.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, air minum akan memiliki efek yang kurang lebih berlawanan dengan tidak minum air. Di dunia yang ideal, kita semua akan tetap terhidrasi dengan minum air secara teratur, jadi kita mungkin tidak pernah memperhatikan efek dari air minum karena kita tidak akan pernah mengalami dehidrasi. Namun, kita tahu bahwa itu tidak terjadi.