Spesies Baru Tumbuhan Berbunga Aneh Ditemukan di Perbatasan Pakistan

By Ricky Jenihansen, Jumat, 14 Oktober 2022 | 14:18 WIB
Tanaman hidup Saussurea khunjerab sis di Khunjerab pass, Taxkorgan county, Tiongkok. (Xu-Guang Yan)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli biologi telah mendeskripsikan spesies baru dari genus Saussurea dari daerah perbatasan melewati Khunjerab antara Tiongkok dan Pakistan. Saussurea adalah salah satu genus tumbuhan berbunga terbesar dalam suku Cardueae dalam famili Asteraceae.

Penemuan spesies baru ini telah dilaporkan dalam sebuah makalah di jurnal Phytotaxa yang merupakan jurnal akses terbuka. Laporan tersebut bisa didapatkan secara daring dengan judul "Saussurea khunjerabensis (Asteraceae, Cardueae), a new species from Pamir."

Genus ini mencakup setidaknya 460 spesies yang diakui secara ilmiah, spesies asli yang hidup di daerah beriklim dingin dan Arktik di Asia Timur, Eropa, dan Amerika Utara, dengan keanekaragaman tertinggi di habitat alpine di Himalaya dan Asia Timur.

Tumbuhan yang hidup di habitat alpine biasanya adalah tumbuhan khusus yang bisa mengatasi kondisi yang sangat dingin, berangin dan kering.

Tumbuhan alpine tumbuh di tundra, sejenis kawasan alami atau bioma yang tidak memiliki pepohonan. Tundra alpine terjadi di pegunungan di seluruh dunia. Ini transisi ke hutan sub alpine di bawah garis pohon, hutan kerdil yang terjadi di ekoton hutan tundra dikenal sebagai Krummholz.

Tanaman Alpine tidak terbatas pada ketinggian yang lebih tinggi. Namun, daerah dataran tinggi memiliki ekologi yang berbeda dari yang tumbuh di lintang yang lebih tinggi. Salah satu perbedaan terbesar adalah bahwa batas bawah daerah pegunungan tropis sulit ditentukan karena campuran gangguan manusia, iklim kering, dan garis pohon yang tidak ada secara alami.

Spesies baru ini adalah anggota genus tanaman herba abadi, mulai dari spesies alpine kerdil setinggi 5-10 cm (2-4 inci), hingga tanaman seperti thistle (rumput duri) setinggi hingga 3 m (9,8 kaki).

Spesies baru ini dinamakan Saussurea khunjerabensis. Itu karena spesies yang baru ditemukan ini termasuk dalam subgenus Saussurea Eriocoryne. Sementara nama khunjerabensis merujuk kepada nama tempat ia ditemukan yaitu khubjerab yang berada di perbatasan utara Pakistan dan di perbatasan barat daya Tiongkok.

"Saussurea khunjerabensis (Asteraceae, Cardueae), spesies baru dari daerah Taxkorgan, Xinjiang, Tiongkok, (telah) dideskripsikan dan diilustrasikan," tulis peneliti.

Saussurea khunjerabensis banyak dikoleksi oleh penduduk setempat sebagai ‘teratai salju’. (Xu-Guang Yan)

Spesies baru ini pertama kali ditemukan pada tahun 2013 selama ekspedisi lapangan ke wilayah perbatasan barat daya Xinjiang, Tiongkok. Tapi baru dideskripsikan belum lama ini.

Tinggi tanaman antara 11 dan 25 cm atau sekitar 4,3-9,8 inci. Memiliki batang berdiameter sekitar 2 cm atau sekitar 0,8 inci, biasanya disembunyikan oleh daun yang berlipat, pada dasarnya ditutupi dengan lapisan berserat.