Homo sapien dan Neanderthal Tumpang Tindih 6.000 Tahun di Prancis

By Ricky Jenihansen, Rabu, 19 Oktober 2022 | 10:01 WIB
Neanderthal pernah hidup berdampingan dengan Homo Sapiens di wilayah Prancis. (University of Utah)

Nationalgeographic.co.id — Studi pemodelan baru menunjukan kemungkinan tumpang tindih Homo sapiens dan Neanderthal sekitar 6.000 tahun di wilayah Prancis. Studi tersebut memprediksi kemunculan Homo sapiens dan budaya Protoaurignacian di Prancis dan Spanyol utara pada 42.269 hingga 42.653 tahun yang lalu.

"Penemuan fosil baru-baru ini menunjukkan bahwa Neandertal dan Homo sapiens mungkin telah hidup berdampingan di Eropa selama 5 hingga 6000 tahun," tulis peneliti.

Namun, bukti keserupaan mereka pada skala regional mana pun tetap sangat sulit dipahami. Di Prancis dan Spanyol utara, wilayah yang menampilkan beberapa Neandertal terbaru di Eropa.

Ilmuwan Leiden University dan Cambridge University yang melakukan penelitian tersebut mengungkapkan 'kepunahan' budaya Châtelperronian dan Neanderthal regional. Budaya tersebut hilang pada 39.894 hingga 39.798 dan masing-masing muncul 40.870 hingga 40.457 tahun yang lalu.

Laporan penelitian mereka telah diterbitkan di jurnal Scientific Reports yang merupakan jurnal akses terbuka. Makalah tersebut bisa didapatkan secara daring dengan judul "Optimal linear estimation models predict 1400–2900 years of overlap between Homo sapiens and Neandertals prior to their disappearance from France and northern Spain."

Dijelaskan, antara 40.000 dan 50.000 tahun yang lalu, lanskap demografis Eropa berubah ketika Neanderthal digantikan oleh manusia modern secara anatomis dan menghilang dari catatan fosil.

Bukti terbaru dari Bulgaria, Republik Ceko, dan tenggara Prancis menunjukkan bahwa manusia modern secara anatomis pertama tiba di Eropa setidaknya 47.000-45.000 tahun yang lalu dan mungkin sejauh 54.000 tahun yang lalu.

Pada skala benua, ini akan menunjukkan kemungkinan tumpang tindih lebih dari 14.000 tahun antara spesies manusia ini.

Namun, sedikit yang diketahui tentang sifat, waktu, dan wilayah geografis tertentu dari interaksi antara Neanderthal dan Homo sapiens selama periode kritis dalam sejarah evolusi manusia ini.

Penggambaran Homo sapiens, atau manusia modern. ()

Dalam penelitian baru, ilmuwan Leiden University Igor Djakovic dan rekan-rekannya menganalisis kumpulan data 56 Neanderthal dan artefak manusia modern (28 untuk setiap kelompok) dari 17 situs arkeologi di seluruh Prancis dan Spanyol utara, serta tambahan 10 spesimen Neanderthal dari wilayah yang sama.

Semua sampel telah diberi penanggalan radiokarbon menggunakan teknik modern yang kuat sejak tahun 2000 untuk akurasi yang lebih baik.