Dunia Hewan: Mengapa Hanya Sedikit Spesies Terancam Punah yang Pulih?

By Wawan Setiawan, Minggu, 16 Oktober 2022 | 17:00 WIB
Cougar Timur (Puma concolor couguar) telah dihapus dari Undang-Undang Spesies Terancam Punah pada tahun 2011, ketika secara resmi dinyatakan punah dari dunia hewan. Sekarang diyakini telah punah jauh sebelum mendapat perlindungan di bawah ESA. (US Fish and Wildlife)

Nationalgeographic.co.id - Sejak disahkan pada tahun 1973, U.S. Endangered Species Act (ESA) telah menjadi undang-undang terkuat untuk mencegah kepunahan spesies dunia hewan di Amerika Serikat, dan telah menjadi model kebijakan konservasi bagi negara lain.

Namun, keberhasilannya dalam membantu spesies pulih meninggalkan banyak hal yang diinginkan. Dari ribuan spesies yang telah terdaftar oleh ESA dalam 48 tahun terakhir, hanya 54 yang telah pulih ke titik di mana mereka tidak lagi membutuhkan perlindungan. Sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE pada 12 Oktober, meneliti mengapa begitu sedikit spesies yang berhasil pulih.

Studi yang dipimpin oleh Erich Eberhard dari Departemen Ekologi, Evolusi, dan Biologi Lingkungan Universitas Columbia, dan ditulis bersama oleh para sarjana di Universitas Princeton, melukiskan gambaran yang suram. Mereka menemukan bahwa sebagian besar spesies tidak menerima perlindungan sampai populasi mereka sangat kecil, meredupkan prospek pemulihan mereka.

"Kami menemukan bahwa ukuran populasi yang kecil pada saat pendaftaran, ditambah dengan perlindungan yang tertunda dan pendanaan yang tidak mencukupi, terus melemahkan salah satu undang-undang terkuat di dunia untuk melindungi keanekaragaman hayati," tulis mereka.

Temuan ini yang diberi judul “Too few, too late: U.S. Endangered Species Act undermined by inaction and inadequate funding,” sangat layak diberitakan mengingat pertemuan mendatang Konvensi PBB tentang Keanekaragaman Hayati pada bulan Desember. Pertemuan tersebut bertujuan untuk menyelesaikan kerangka kerja yang akan memandu upaya konservasi di seluruh dunia hingga tahun 2030. Planet ini saat ini menghadapi percepatan tingkat kepunahan spesies, dengan proyeksi hilangnya lebih dari 1 juta spesies di masa mendatang.

Populasi kecil lebih rentan terhadap ancaman lingkungan dan genetik. Dengan demikian lebih mungkin punah sebelum intervensi konservasi dapat memulihkan spesies ke ukuran populasi yang stabil.

Simpul Merah (Calidris canutus rufa) ditambahkan ke daftar terancam pada tahun 2014 setelah populasinya menurun tajam di dunia hewan selama beberapa dekade. (Dan Liang/Princeton University)

Bukti spesies tidak menerima perlindungan di bawah ESA sampai populasi mereka menjadi sangat kecil pertama kali dilaporkan pada tahun 1993. Ketika sebuah penelitian menemukan bahwa spesies yang terdaftar untuk perlindungan rata-rata hanya tersisa 1.075 individu untuk spesies vertebrata, 999 individu tersisa untuk spesies invertebrata, dan 120 individu tersisa untuk spesies tumbuhan.

Studi baru mengulangi metodologi studi 1993 untuk menentukan apakah US Fish and Wildlife Service telah menjadi lebih proaktif selama kira-kira 30 tahun sejak perhatian pertama kali ditarik ke masalah tersebut. Tim juga melihat tren dalam "waktu tunggu" spesies—lamanya waktu antara saat spesies pertama kali diidentifikasi berpotensi membutuhkan perlindungan dan saat spesies tersebut benar-benar menerima status dilindungi di bawah ESA—dan tren pendanaan untuk daftar dan pemulihan spesies yang terancam punah.

 Baca Juga: Dunia Akan Hadapi Kepunahan Masal Hewan di 2050, Ada Gajah Sumatra

 Baca Juga: Dunia Hewan: Dugong si 'Sapi Laut' Dinyatakan Telah Punah di Tiongkok

 Baca Juga: Sempat Dianggap Punah, Anggrek Ini Ditemukan Kembali di Australia