NASA Mempelajari Asal-usul Planet Kerdil Haumea dan Keluarganya

By Wawan Setiawan, Selasa, 18 Oktober 2022 | 21:00 WIB
Salah satu objek teraneh di tata surya luar diklasifikasikan sebagai planet kerdil minggu lalu dan diberi nama Haumea. Bentuk Haumea halus tapi lonjong membuatnya sangat tidak biasa. (NASA)

Nationalgeographic.co.id—Menggunakan simulasi komputer, para ilmuwan yang berbasis di NASA telah mengumpulkan cerita tentang bagaimana planet kerdil Haumea menjadi salah satu objek paling tidak biasa di tata surya. Planet kerdil ini ditemukan di Sabuk Kuiper dunia es di luar orbit planet terluar Neptunus.

Hampir seukuran Pluto, Haumea aneh dalam beberapa hal. Ia berputar lebih cepat, sejauh ini, dari apa pun ukurannya berputar pada porosnya hanya dalam empat jam. Karena putarannya yang cepat, Haumea berbentuk seperti bola sepak Amerika yang kempes, bukan bulat. Permukaannya, yang sebagian besar terbuat dari es air, tidak seperti hampir semua permukaan lain di Sabuk Kuiper. Kecuali selusin "saudara" yang memiliki orbit serupa dengan Haumea dan tampaknya terkait dengannya, membentuk satu-satunya "keluarga" objek yang diketahui di Sabuk Kuiper.

"Bagaimana sesuatu yang aneh seperti Haumea dan keluarganya bisa terjadi?" kata Jessica Noviello, seorang ilmuwan di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland.

Pertanyaan ini mengilhami Noviello dan rekan-rekannya untuk beralih ke model komputer yang secara teori dapat memisahkan Haumea. Lalu membangunnya kembali dari awal untuk memahami proses kimia dan fisika yang membentuknya.

"Untuk menjelaskan apa yang terjadi pada Haumea memaksa kita untuk menetapkan batas waktu pada semua hal yang terjadi ketika tata surya terbentuk, sehingga mulai menghubungkan segala sesuatu di seluruh tata surya," kata Steve Desch, profesor astrofisika di Arizona State University, yang bekerja dengan Noviello dan rekan lainnya dalam studi tersebut. Hasilnya telah mereka terbitkan di Planetary Science Journal pada 29 September.

"Ada banyak bagian aneh, 'wah' di Haumea," kata Desch, "dan mencoba menjelaskan semuanya sekaligus merupakan tantangan."

Haumea terlalu jauh untuk diukur dengan tepat melalui teleskop berbasis Bumi. Belum ada misi luar angkasa yang mengunjunginya, jadi datanya sedikit. Maka, untuk mempelajari Haumea (dan dunia lain yang kurang dikenal), para ilmuwan menggunakan model komputer untuk membuat prediksi yang mengisi kekosongan.

Model 3D interaktif Haumea, planet kerdil di Sabuk Kuiper. (NASA Visualization Technology Applications and Development)

Para peneliti mulai dengan memasukkan hanya tiga informasi ke dalam model mereka: perkiraan ukuran dan massa Haumea, dan "hari" empat jamnya yang cepat.

Model memuntahkan prediksi halus ukuran Haumea, kepadatan keseluruhan, dan ukuran intinya, di antara fitur-fitur lainnya. Noviello kemudian memasukkan informasi ini ke dalam persamaan matematika yang membantunya menghitung jumlah es di Haumea dan volume planet kerdil itu.

Selain itu, dia menghitung bagaimana massa Haumea didistribusikan dan bagaimana hal itu memengaruhi putarannya. Dengan informasi ini di tangan, dia berusaha untuk mensimulasikan miliaran tahun evolusi untuk melihat kombinasi fitur mana dari bayi Haumea yang akan berevolusi menjadi planet kerdil dewasa seperti sekarang ini.

"Kami ingin memahami Haumea secara mendasar sebelum kembali ke masa lalu," kata Noviello.