Tumbuhan Gunakan Akarnya untuk Mengukur Konsentrasi Mangan dalam Tanah

By Wawan Setiawan, Kamis, 20 Oktober 2022 | 13:53 WIB
Sekelompok sel tertentu di ujung akar bereaksi terhadap kekurangan mangan. (Andrei Ionescu/Earth.com)

Nationalgeographic.co.id - Setiap organisme hidup membutuhkan unsur mangan sebagai nutrisi penting. Pada tumbuhan, misalnya, ia memainkan peran utama dalam memecah air menjadi oksigen dan hidrogen selama fotosintesis.

Sebuah tim peneliti Jerman dan Tiongkok adalah yang pertama mendemonstrasikannya menggunakan model spesies selada thale (Arabidopsis thaliana), bagaimana tanaman merasakan kekurangan mangan dan proses mana yang kemudian terjadi di tanaman pada tingkat molekuler.

Para peneliti menunjukkan bahwa kelompok sel yang sampai sekarang tidak terdeteksi di akar tanaman memainkan peran yang menentukan. Para peneliti berharap bahwa hasil pekerjaan mereka di masa depan akan mengarah pada metode untuk membuat tanaman lebih tahan terhadap kekurangan mangan—suatu kondisi yang sering terjadi di tanah alkalin dan berkapur.

Jörg Kudla dari Institute of Plant Biology and Biotechnology di University of Münster (Jerman) adalah salah satu penulis utama penelitian ini dan, seperti yang dia katakan, "Ada banyak penelitian yang berfokus pada protein mana yang terlibat dalam penyerapan dan pengangkutan mangan di dalam sel. Namun bagaimana keseimbangan mangan diatur pada tingkat organisme sama sekali tidak diketahui."

Karena kalsium terlibat sebagai zat pembawa pesan dalam berbagai proses pengaturan lainnya di pabrik, para peneliti bertanya pada diri sendiri apakah kalsium juga berperan dalam mengatur keseimbangan mangan?

Tim mengidentifikasi kelompok sel khusus di akar tanaman dan memberinya nama "ceruk sensitif mangan." Tidak seperti semua sel akar lainnya, sel-sel ini menunjukkan reaksi khusus sebagai respons terhadap defisiensi mangan: konsentrasi kalsium di dalam sel naik dan turun, beberapa kali berturut-turut, selama defisiensi berlangsung. Setiap osilasi berlangsung sekitar 30 menit.

"Tidak ada yang sebelumnya mengamati osilasi multi-seluler seperti itu dalam konsentrasi kalsium yang dibangun melalui terjadinya sinyal kalsium yang terkoordinasi dalam sel-sel individu pada tanaman," kata Kudla. Hanya beberapa ratus sel bersama-sama membangun sinyal. Sel-sel epidermis—sel-sel di lapisan akar terluar—adalah yang pertama mulai meningkatkan konsentrasi kalsium. Kemudian sel-sel yang terletak lebih jauh di dalam secara bertahap mengikuti—sebelum seluruh proses kemudian dibalik.

Bibit Arabidopsis telah terkena defisiensi mangan, dan dinamika kalsium sitosol telah divisualisasikan menggunakan biosensor kalsium GCaMP6f-mCherry. (WWU - AG Kudla)

Dalam pekerjaan sebelumnya, para peneliti yang dipimpin oleh Jörg Kudla telah menemukan dua "relung sensitif" lebih lanjut di area lain di akar—relung peka kalium dan ceruk peka natrium. Di sini juga, akar bereaksi dengan menghasilkan sinyal kalsium multiseluler dalam kelompok sel tertentu sebagai respons terhadap perubahan konsentrasi ion di lingkungan. Namun, para peneliti tidak mengamati osilasi apa pun—tidak seperti di ceruk yang sensitif terhadap mangan.

 Baca Juga: Ekstrak dari Akar Tanaman Ini Efektif Mengelola Diabetes Tipe-2

 Baca Juga: Harapan untuk Pangan: Fotosintesis Buatan Tanpa Sinar Cahaya Matahari

 Baca Juga: Langsdorffia, ‘Tanaman Vampir’ yang Mengisap Nutrisi dari Tumbuhan Lain