Dunia Hewan: Simpanse Menyinkronkan Langkah Mereka Seperti Manusia

By Wawan Setiawan, Jumat, 21 Oktober 2022 | 16:14 WIB
Simpanse memiliki kecenderungan yang sama dengan manusia, menurut studi baru dunia hewan. (University of St Andrews)

Nationalgeographic.co.id - Simpanse ternyata memiliki kecenderungan yang sama dengan manusia. Mereka secara tidak sengaja menyinkronkan langkah mereka ketika berjalan berdampingan. Temuan ini diungkapkan oleh sebuah studi baru dunia hewan yang dilakukan peneliti dari University of St Andrews dan Universitas Eropa Tengah.

Meskipun telah dipahami bahwa simpanse dapat berkoordinasi saat bekerja menuju suatu tujuan. Salah satu contohnya seperti, menarik tali untuk melepaskan makanan. Akan tetapi lebih sedikit yang diketahui tentang kecenderungan mereka untuk berkoordinasi secara spontan.

Penelitian baru tersebut dipimpin oleh Dr Manon Schweinfurth, Dosen di School of Psychology and Neuroscience di St Andrews. Hasil kajian mereka telah diterbitkan dalam jurnal Current Biology pada 20 Oktober dengan judul “Inter-individual coordination in walking chimpanzees.” Studi tersebut mencatat perilaku berjalan simpanse di Chimfunshi Wildlife Orphanage Trust, sebuah suaka di Zambia, dalam kondisi yang berbeda. Simpanse diamati saat berjalan sendiri atau saat berjalan berdampingan.

Para peneliti mengamati bahwa simpanse menunjukkan sinkronisasi yang tidak disengaja dalam langkah mereka ketika berjalan berdampingan. Ini menunjukkan bahwa kecenderungan kuat manusia untuk mengoordinasikan tindakan sederhana dimiliki oleh kerabat primata terdekat kita, dan karena itu mungkin merupakan sifat leluhur.

"Manusia dengan sengaja merencanakan dan mengoordinasikan tindakan dengan orang lain selama permainan olahraga, tarian kelompok, ansambel musik, atau aksi militer. Namun itu juga bagian dari kehidupan kita sehari-hari—seperti membawa barang bersama-sama atau mendandani anak,” kata Schweinfurth. “Memang, tindakan bersama telah disarankan untuk menjadi penting bagi keberhasilan kita sebagai spesies karena lebih banyak yang dapat dicapai bersama-sama daripada sendirian. Bahkan, kita tidak dapat membantu dan mengkoordinasikan tindakan ketika tidak perlu untuk melakukannya, seperti jatuh ke ritme yang sama dengan seseorang yang berjalan di samping kita."

Simpanse saat berjalan bersama. Menurut studi baru dunia hewan, mereka cenderung melakukan sinkronisasi gerakan langkah bersama. (University of St Andrews)

“Sebaliknya, salah satu kerabat terdekat kita yang masih hidup, simpanse, tampaknya tidak menunjukkan preferensi yang sama untuk tindakan bersama yang agak rumit,” tambahnya. “Tetapi sedikit yang diketahui tentang bentuk tindakan bersama yang lebih sederhana, seperti kecenderungan untuk jatuh ke dalam sinkroni antarindividu. Simpanse sangat menarik di sini, karena mereka adalah model yang baik untuk nenek moyang terakhir kita dengan kera besar Afrika lainnya."

 Baca Juga: Perilaku Langka, Simpanse Afrika Timur Menggali Sumur Demi Air Bersih

 Baca Juga: Pertama Kalinya, Ada Hewan Terlihat Berperan sebagai Dokter dan Pasien

 Baca Juga: Proses Hilangnya Ekor Kera 'Nenek Moyang Manusia' 25 Juta Tahun Silam

Schweinfurth melanjutkan penjelasannya, "Kami menyelidiki apakah simpanse secara spontan mengoordinasikan tindakan mereka di lingkungan semi-alami ketika koordinasi tidak direncanakan atau tujuan interaksi, yaitu, ketika mereka berjalan berdekatan satu sama lain. Untuk ini, kami mencatat perilaku berjalan mereka yang tidak terganggu dalam kondisi yang berbeda. Kami menemukan bahwa simpanse menunjukkan sinkronisasi yang tidak disengaja dalam langkah mereka ketika berjalan di sebelah spesies yang sama."

Penelitian ini melibatkan simpanse jantan dan betina dari berbagai usia. Beberapa terkait dan beberapa tidak terkait. Ketika simpanse berjalan bersama, langkah demi langkah satu pejalan kaki diikuti oleh kaki yang sama dari pejalan kaki lainnya dalam 79% kasus dalam waktu kurang dari 0,5 detik.

"Studi ini memberikan bukti bahwa simpanse menyinkronkan sementara gerakan tubuh mereka dengan gerakan sesamanya. Koordinasi gerakan antarpribadi ini sering disebut entrainment dan bergantung pada tautan persepsi-tindakan yang digabungkan. Memahami mekanisme mana yang dimiliki manusia dengan spesies lain dapat membantu kita memahami asal usul evolusi dari bentuk-bentuk aksi bersama yang lebih canggih," kata Schweinfurth.

“Studi ini memberikan bukti bahwa bentuk koordinasi sederhana ini dimiliki oleh manusia dan kerabat terdekat mereka. Perbedaan dalam bentuk koordinasi yang lebih kompleks antara manusia dan simpanse mungkin disebabkan oleh mekanisme dasar yang lebih canggih. Studi di masa depan diperlukan untuk mengidentifikasi itu," pungkasnya.