Rahasia Lingkaran Peri Namibia: Tumbuhan Mengatur Dirinya Sendiri

By Wawan Setiawan, Sabtu, 22 Oktober 2022 | 12:00 WIB
Gambar drone dari mobil yang melaju melalui NamibRand Nature Reserve, salah satu daerah lingkaran peri di Namibia tempat para peneliti melakukan penggalian rumput, pengukuran kelembaban tanah dan infiltrasi (April 2022). (Dr Stephan Getzin)

Nationalgeographic.co.id - Para ilmuwan telah bingung tentang asal usul lingkaran peri Namibia selama hampir setengah abad. Ini bermuara pada dua teori utama: rayap yang bertanggung jawab, atau tanaman entah bagaimana mengatur dirinya sendiri membentuk lingkaran-lingkaran tersebut.

Kini, para peneliti dari Universitas Göttingen, diuntungkan dari dua musim hujan yang sangat baik di Gurun Namibia. Ini menunjukkan bahwa rerumputan di dalam lingkaran peri mati segera setelah hujan. Akan tetapi aktivitas rayap tidak menyebabkan petak-petak gundul. Sebaliknya, pengukuran kelembapan tanah terus menerus menunjukkan bahwa rumput di sekitar lingkaran sangat menguras air di dalam lingkaran dan dengan demikian kemungkinan menyebabkan kematian rumput di dalam lingkaran.

Temuan ini telah dipublikasikan di jurnal Perspectives in Plant Ecology, Evolution and Systematics pada 20 Oktober. Laporan makalah mereka diberi judul “Plant water stress, not termite herbivory, causes Namibia’s fairy circles.”

Sekitar 80 hingga 140 kilometer dari pantai di Namibia, ada jutaan lingkaran peri. Ini merupakan celah melingkar di padang rumput, yang masing-masing selebar beberapa meter, bersama-sama membentuk pola khas di seluruh lanskap dan terlihat bermil-mil di sekitarnya. Para peneliti mengikuti peristiwa hujan sporadis di beberapa daerah di gurun ini dan memeriksa rerumputan, akar dan pucuknya, serta potensi kerusakan akar yang disebabkan oleh rayap.

Rayap, serangga kecil yang hidup dalam koloni besar di seluruh dunia, sering disalahkan atas kematian rerumputan. Para peneliti sangat berhati-hati untuk menyelidiki keadaan rumput yang sekarat di dalam lingkaran peri langsung setelah hujan, yang memicu pertumbuhan rumput baru. Selain itu, mereka memasang sensor kelembapan tanah di dalam dan di sekitar lingkaran peri untuk merekam kandungan air tanah pada interval 30 menit mulai dari musim kemarau 2020 hingga akhir musim hujan 2022.

Para peneliti menyelidiki kematian rumput di dalam lingkaran peri di beberapa wilayah di Namib. Akar rerumputan mati kekuningan dari dalam lingkaran peri sama panjang dan tidak rusak seperti akar rerumputan hijau vital di luar lingkaran. Tidak ada tanda-tanda aktivitas rayap. (Dr Stephan Getzin)

Hal ini memungkinkan para peneliti untuk merekam dengan tepat bagaimana pertumbuhan rumput baru yang muncul di sekitar lingkaran memengaruhi air tanah di dalam dan di sekitar lingkaran. Mereka menyelidiki perbedaan infiltrasi air antara bagian dalam dan luar lingkaran di sepuluh wilayah di seluruh Namibia.

Data menunjukkan bahwa sekitar sepuluh hari setelah hujan, rerumputan sudah mulai mati di dalam lingkaran sementara sebagian besar area interior lingkaran tidak memiliki perkecambahan rumput sama sekali. Dua puluh hari setelah hujan, rerumputan yang berjuang di dalam lingkaran benar-benar mati dan berwarna kekuningan sementara rerumputan di sekitarnya sangat vital dan hijau.

 Baca Juga: Dunia Hewan: Peneliti Memecahkan Misteri Karang yang Bercahaya

 Baca Juga: Pernahkah Anda Bertanya-tanya Bagaimana Mekanisme Tumbuhan Karnivora?

 Baca Juga: Meski Tak Punya Telinga, Tanaman Dapat Mendengar dengan Baik

Ketika para peneliti memeriksa akar rumput dari dalam lingkaran dan membandingkannya dengan rumput hijau di luar, mereka menemukan bahwa akar di dalam lingkaran sama panjangnya, atau bahkan lebih panjang dari akar di luar. Hal ini menunjukkan bahwa rerumputan berusaha menumbuhkan akar untuk mencari air. Namun, para peneliti tidak menemukan bukti rayap memakan akar. Baru lima puluh hingga enam puluh hari setelah hujan, kerusakan akar menjadi lebih terlihat di rerumputan yang mati.