Tak Sebanyak Selingkuhannya, Inilah Deretan Istri Abadi Zeus

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 23 Oktober 2022 | 08:00 WIB
Zeus memiliki banyak istri, selingkuhan dan juga ratusan anak. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id - Zeus, sang Dewa langit dan guntur menjalani kehidupan yang luar biasa penuh dengan petualangan, drama, perang, dan gairah. dan Raja Gunung Olympus ini melakukan cukup banyak apa yang dia inginkan, kapan pun dia mau. Zeus menunjukkan sedikit minat untuk menetap dengan satu wanita, bergerak melalui serangkaian hubungan cinta dan menjadi ayah dari jumlah anak yang mencengangkan (penelitian mengatakan hingga 100). Beberapa dari urusan ini mengarah ke pernikahan, sementara yang lain tidak. Jadi, siapa saja wanita yang terlibat dalam pernikahan dengan Zeus, dan bagaimana kisah mereka? Mari kita lihat lebih detail tentang istri abadi yang paling banyak dibicarakan.

1. Metis: Nimfa Laut

Metis, seorang Oceanid atau peri laut, adalah istri pertama Zeus. Bijaksana, dia diberkahi dengan karunia nubuat. Pada tahun-tahun awal mereka bersama, dia adalah sekutu dan ajudan terdekat Zeus, membantunya memenangkan pertempuran melawan Cronus. Saat hamil, Metis memperingatkan Zeus bahwa putra mereka pada akhirnya akan menggulingkannya. Zeus begitu ngeri dengan prospek ini sehingga dia menipu Metis untuk mengubah dirinya menjadi lalat, dan menelannya utuh. Setelah keadaan sulit yang aneh ini, Zeus mulai menderita sakit kepala yang parah dan ketika karyawannya Hephaestus memukul kepalanya dengan kapak, keluarlah anak mereka, Athena, mengenakan baju besi dan siap berperang. Maka dari itu, Athena juga dijuluki sebagai dewi perang.

2. Themis: Dewi Titan

Themis adalah istri kedua Zeus, putri Gaia dan Uranus. Dia adalah dewi hukum dan keadilan ilahi Titan. Dalam seni, ia sering digambarkan dalam seni sebagai Lady Justice, memegang timbangan yang seimbang, melambangkan kemampuannya untuk membawa ketertiban dan keseimbangan. Dia sering terlihat mengenakan penutup mata untuk menandakan ketidakberpihakannya. Peran otoritatifnya berarti dia ditempatkan dengan baik untuk menasihati Zeus tentang masalah seputar hukum dan hukuman. Dia juga membantu Zeus untuk merencanakan dan melaksanakan Perang Troya. Bersama-sama dia dan Zeus memiliki enam anak yang mengesankan. Mereka adalah Horae (tiga dewa yang terkait dengan musim) Thalo, Auxo dan Carpo, dan Moirai (tiga 'Nasib' yang menangani kehidupan manusia) Clotho, Lachesis dan Atropos. Zeus akhirnya meninggalkan Themis, meskipun perpisahan mereka tampak cukup bersahabat, dan dia bahkan terus memberikan bimbingan kepada mantan suaminya.

3. Eurynome: Dewi Air dan Padang Rumput

Eurynome adalah bunga cinta ketiga Zeus, peri laut yang indah, dewi air, dan padang rumput. Putri dari Titans Oceanus dan Tethys ini memiliki koneksi yang kuat ke laut, dan sering diwakili oleh patung yang sekarang kita sebut putri duyung. Ada yang mengatakan dia dan Zeus tidak pernah benar-benar menikah, tetapi Eurynome melahirkan tiga anak, putri yang dikenal sebagai 'Tiga Rahmat,' atau dewi anugerah, yaitu Aglaia, Euphrosyne, dan Thalia.

 Baca Juga: Poseidon, Tokoh Mitologi Yunani yang Muncul dalam Kartun SpongeBob

 Baca Juga: Kisah Dewa Waktu Cronus Memakan Lima Anaknya dalam Mitologi Yunani

 Baca Juga: Dua Kali Menipu Kematian, Sisifos Diganjar Hukuman Abadi oleh Zeus

4. Demeter: Dewi Pertanian dan Gandum (dan Kakak Zeus) 

Meski masih punya aliran darah, Zeus tak kenal lelah mengejar cinta Demeter, saudara perempuannya sendiri untuk dijadikan istri berikutnya. Demeter mencoba menolaknya tetapi Zeus mengejar dan mengalahkannya dalam bentuk banteng yang agresif. Demeter, dewi pertanian dan biji-bijian, mengawasi semua pertumbuhan dan panen di bumi. Anak yang dia lahirkan bersama Zeus adalah Persephone, dewi musim semi dan kesuburan, yang akhirnya diculik oleh Hades dan dipaksa menjadi Ratu Dunia Bawah selama setengah tahun. Selama setengah tahun lainnya, Demeter dan Persephone tetap berdampingan, mengolah dan memanen tanah.