Mengejutkan, Penggabungan Galaksi Ini Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

By Wawan Setiawan, Selasa, 25 Oktober 2022 | 13:20 WIB
Gambar Hubble dari quasar dan area yang sama dilihat dengan Teleskop Luar Angkasa James Webb. Gambar Webb menunjukkan beberapa galaksi yang bergabung, dengan masing-masing warna mewakili kecepatan yang berbeda: Merah bergerak menjauh dari kita. Biru bergerak ke arah kita. (ESA/Webb, NASA & CSA, D. Wylezalek, A. Vayner & the Q3D Team, N. Zakamska)

Nationalgeographic.co.id - Menggunakan Teleskop Luar Angkasa James Webb untuk melihat ke masa lalu di alam semesta awal, para astronom menemukan kejutan. Mereka menemukan sekelompok galaksi bergabung bersama di sekitar quasar merah langka di dalam lubang hitam besar. Temuan ini dilakukan oleh Universitas Johns Hopkins dan tim internasional. Temuan ini menawarkan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengamati bagaimana miliaran tahun yang lalu galaksi bergabung menjadi alam semesta modern.

"Kami pikir sesuatu yang dramatis akan terjadi dalam sistem ini," kata rekan penulis Andrey Vayner, seorang rekan postdoctoral Johns Hopkins yang mempelajari evolusi galaksi. "Galaksi berada pada saat yang sempurna dalam masa hidupnya, akan berubah dan terlihat sangat berbeda dalam beberapa miliar tahun."

Temuan ini sedang dicetak dan akan diterbitkan di Astrophysical Journal Letters. Namun saat ini sudah tersedia di basis data arXiv.

Teleskop Luar Angkasa James Webb, diluncurkan Desember lalu oleh NASA, Badan Antariksa Eropa, dan Badan Antariksa Kanada. Ini adalah teleskop terbesar dan paling kuat yang pernah dikirim ke luar angkasa. Pengamatan umum awalnya terungkap pada bulan Juli. Tetapi citra quasar ini adalah salah satu dari hanya 13 proyek "tampilan awal" yang dipilih melalui kompetisi global yang sangat kompetitif. Ini untuk memutuskan ke mana teleskop diarahkan selama bulan-bulan pertama operasinya.

Meskipun pengamatan sebelumnya oleh NASA/ESA Hubble Space Telescope dan instrumen Near-Infrared Integral Field Spectrometer pada teleskop Gemini-North menunjukkan quasar dan mengisyaratkan kemungkinan sebuah galaksi dalam transisi. Namun, tidak ada yang curiga dengan pencitraan tajam Webb. Mereka melihat beberapa galaksi, setidaknya tiga, berputar-putar di wilayah itu.

"Dengan gambar sebelumnya kami pikir kami melihat petunjuk bahwa galaksi itu mungkin berinteraksi dengan galaksi lain di jalur penggabungan karena bentuknya terdistorsi dalam prosesnya dan kami pikir kami mungkin melihatnya," kata penyelidik utama Nadia L. Zakamska, astrofisikawan Johns Hopkins yang membantu menyusun proyek pada tahun 2017 dengan postdoc Johns Hopkins saat itu Dominika Wylezalek, yang sekarang menjadi pemimpin kelompok di Universitas Heidelberg. "Tapi setelah kami mendapatkan data Webb, saya seperti, 'Saya tidak tahu apa yang kami lihat di sini, apa semua ini!' Kami menghabiskan beberapa minggu hanya menatap dan menatap gambar-gambar ini."

Teleskop Luar Angkasa James Webb adalah teleskop luar angkasa terbesar dan terkuat hingga saat ini. (dima_zel via Getty Images)

Webb mengungkapkan setidaknya tiga galaksi bergerak sangat cepat, menunjukkan sejumlah besar massa hadir. Tim percaya ini bisa menjadi salah satu area pembentukan galaksi terpadat yang diketahui di alam semesta awal.

Karena cahaya membutuhkan waktu untuk mencapai kita. Ketika kita melihat objek seperti ini di wilayah yang sangat jauh di alam semesta, kita melihat cahaya yang dipancarkan sekitar 11,5 miliar tahun yang lalu, atau dari tahap awal evolusi alam semesta. Kawanan galaksi besar-besaran seperti ini kemungkinan umum terjadi saat itu, kata Zakamska.

 Baca Juga: Teleskop James Webb Mendeteksi Awan Silikat di Katai Coklat Terdekat

 Baca Juga: Misterius, Objek Luar Angkasa Ini Kirim Gelombang Radio Tiap 18 Menit

 Baca Juga: Teleskop James Webb Jika Hendak Mendeteksi Alien: Deteksi Metana!