Temuan Ekosistem Baru 'Zona Perangkap' Oasis Kehidupan di Maladewa

By Wawan Setiawan, Kamis, 27 Oktober 2022 | 07:00 WIB
Kapal selam Omega Seamaster II mengamati dinding vertikal topografi bawah laut Maladewa. Tebing ini sering turun dari 30 meter ke 250 meter dan lebih jauh ke 500 meter, karakteristik fisik yang menentukan dari ekosistem baru 'Zona Perangkap', yang ditemukan selama ekspedisi. (Nekton 2022)

Nationalgeographic.co.id - Misi Nekton Maladewa, yang melibatkan para peneliti dari Universitas Oxford, telah menemukan bukti ekosistem yang sebelumnya tidak terdeskripsikan. Sebuah wilayah yang disebut 'Zona Perangkap' menciptakan oasis kehidupan 500 meter di kedalaman Samudra Hindia. Penemuan ini telah dipuji sebagai sangat signifikan oleh Pemerintah Maladewa.

Bukti video dari kamera sains Nekton di kapal selam Omega Seamaster II, dikombinasikan dengan sampel biologis yang dikumpulkan dan pemetaan sonar yang ekstensif, menunjukkan bahwa di zona ini predator seperti hiu dan ikan besar lainnya memakan kawanan organisme kecil yang dikenal sebagai mikro-nekton. Ini adalah organisme laut yang dapat berenang secara independen dari arus. Biasanya bermigrasi dari laut dalam ke permukaan pada malam hari dan menyelam kembali ke kedalaman saat fajar (dikenal sebagai Migrasi Vertikal). Namun di area ini, mikro-nekton terperangkap di lanskap bawah laut pada tanda 500 meter.

Lapisan bawah laut vulkanik dan fosil terumbu karbonat yang membentuk dasar atol Maladewa menggabungkan tebing vertikal yang curam dan teras rak. Ini tampaknya menjadi alasan mengapa spesies ini dicegah untuk menyelam lebih dalam saat matahari terbit.

Hewan-hewan yang terperangkap kemudian menjadi sasaran predator pelagis besar, termasuk kelompok tuna dan hiu. Bersama dengan ikan air dalam besar yang terkenal termasuk oreo runcing (dinamai berdasarkan biskuit) dan alfonsino. Hiu macan, hiu insang, hiu macan pasir, dogfish, hiu gulper, hiu martil bergigi, hiu sutra, dan hiu semak duri yang sangat langka semuanya didokumentasikan oleh misi ini.

Hiu semak duri, salah satu hewan yang berhasil didokumentasikan oleh Misi Nekton Maladewa. (Nekton 2022)

Ekosistem laut ditentukan oleh topografi dan kehidupan laut. “Ini memiliki semua ciri ekosistem baru yang berbeda,” jelas Profesor Alex Rogers dari University of Oxford yang telah menghabiskan lebih dari 30 jam di bawah air di kapal selam misi untuk mengamati 'Zona Perangkap' selama ekspedisi. “Zona Perangkap menciptakan oasis kehidupan di Maladewa dan kemungkinan besar ada di pulau-pulau samudra lainnya dan juga di lereng benua,” tambahnya.

“Kami sangat tertarik pada kedalaman ini—mengapa ini terjadi? Apakah ini sesuatu yang spesifik pada 500 meter, apakah kehidupan ini lebih dalam lagi, transisi apa ini, apa yang ada di sana dan mengapa? Itulah pertanyaan kritis kami yang perlu kami tanyakan selanjutnya. Mengapa kita melihat pola yang kita amati dalam ekspedisi ini? Ini akan memungkinkan kita untuk memahami laut dalam dengan istilah yang jauh lebih baik,” kata Lucy Woodall, Associate Professor of Marine Biology di University of Oxford dan Principal Scientist di Nekton.

Sementara efek perangkap telah dikaitkan dengan hotspot keanekaragaman hayati di pegunungan bawah laut atau gunung bawah laut. Sebelumnya tidak dikaitkan dengan parameter geomorfologi dan biologis yang berbeda dari pulau-pulau samudra, seperti Maladewa.

Para ilmuwan mengerahkan salah satu dari tiga pendarat - sistem video bawah air jarak jauh - yang digunakan selama Misi Nekton Maladewa. (Nekton 2022)

Presiden Maladewa H.E. Ibrahim Mohamed Solih, mengatakan: “Penemuan 'Zona Perangkap' dan oasis kehidupan di kedalaman sekitar Maladewa memberi kami pengetahuan baru yang penting yang selanjutnya mendukung komitmen konservasi dan pengelolaan laut berkelanjutan kami, dan hampir tentu mendukung perikanan juga pariwisata.”

 Baca Juga: Bagaimana Perubahan Iklim Memengaruhi Air Laut dan Ekosistem?

 Baca Juga: Peneliti Ungkap Alasan Mengapa Tabir Surya Membahayakan Terumbu Karang