Generasi Mana yang Paling Bahagia dan Sejahtera? Ini Jawabannya

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 30 Oktober 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi generasi Baby Boomer, Gen X, Milenial & Gen Z. (Wrike.com)

Nationalgeographic.co.id – Julukan Baby Boomers, generasi silent, X,Y,Z, Millenial, hingga Alpha sudah tak asing didengar. Menurut Beresfod Research, secara umum pengelompokan Generasi Silent (kelahiran 1928-1945), Baby boomers (kelahiran 1946-1964), X (kelahiran 1965-1980), gen Y atau Millenial (kelahiran 1981-1996), Gen Z (kelahiran 1997-2012), dan Alpha (kelahiran antara tahun 2010-hingga sekarang).

Seorang ahli dalam pengelompokan generasi, Alexis Abramson mengatakan bahwa perbedaan waktu kelahiran juga akan menghasilkan karakteristik generasi berbeda.

"Kapan Anda lahir memengaruhi sikap, persepsi, nilai-nilai yang diyakini dan perilaku," ujar Abramson dikutip BBC.

Jadi, generasi mana yang paling merasakan kebahagiaan?

Pada dasarnya, argumen potensial dapat dibuat untuk sejumlah kelompok yang berbeda. Generasi muda sering menikmati kesehatan fisik yang baik dan memiliki kegembiraan dan antisipasi untuk masa depan. Orang-orang di generasi yang lebih tua sering memperoleh kebijaksanaan dan perspektif, sementara mereka yang berada di tengah biasanya memiliki stabilitas keuangan yang lebih dan dapat menikmati yang terbaik dari kedua dunia.

Untuk mendapatkan beberapa data aktual tentang subjek, survei telah diberikan selama beberapa dekade, meskipun banyak yang tidak mencakup seluruh rentang usia orang dewasa. Satu survei melakukan itu baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal JAMA Psychiatry.

Menggunakan wawancara telepon atau daring berdasarkan skala penilaian 12 item, para peneliti menilai enam domain kesejahteraan: kebahagiaan dan kepuasan hidup, kesehatan mental dan fisik, makna dan tujuan, karakter dan kebajikan, hubungan sosial yang erat, serta keuangan dan materi. 

Sebanyak 2.598 survei dikumpulkan di lima kelompok usia, diberi label, dari yang tertua hingga termuda, Generasi Silent (usia 77 ke atas), Boomer (58 hingga 76), Gen X (42 hingga 57), Milenial (26 hingga 41), dan Gen Z (18-25). Skor mentah ditimbang untuk mewakili orang dewasa Amerika.

Hasil utama dari penelitian ini adalah, di semua enam domain, ada tren linier yang jelas dengan peningkatan skor kesejahteraan yang terkait dengan generasi yang lebih tua. Kesenjangan terluas ditemukan antara Generasi Silent dan Gen Z, dengan generasi lain di antaranya.

Skor kesejahteraan yang meningkat secara bertahap saat seseorang berpindah dari generasi Gen Z melalui Milenial, Gen X, Boomers, dan akhirnya Generasi Silent sangat mirip di enam dimensi kesejahteraan. Perbedaan yang lebih kecil juga ditemukan terkait dengan ras tetapi penulis melaporkan tidak ada perbedaan berdasarkan jenis kelamin.

 Baca Juga: Psikologi Paruh Baya, Nostalgia Generasi X dan Pemikirannya Kini

 Baca Juga: Gen-Z ke Milennials: Buang Jeans Ketat dan Rambut Belah Pinggir Kalian