Dunia Hewan: Sejarah Tersembunyi Evolusi Kadal Hijau dari Mediterania

By Wawan Setiawan, Rabu, 2 November 2022 | 12:00 WIB
Kadal hijau dari genus Lacerta dan Timon, di dunia hewan merupakan reptil yang umum di cekungan Mediterania dan daerah sekitarnya di benua Eropa, Afrika Utara, dan Asia. (Birgit & Peter Oefinger)

Nationalgeographic.co.id - Klad evolusioner dan keanekaragaman hayati kadal hijau dari genus Lacerta dan Timon belum pernah dipelajari di dunia hewan secara mendetail dari perspektif biogeografi historis. Ini adalah reptil yang umum di cekungan Mediterania dan daerah sekitarnya di benua Eropa, Afrika Utara, dan Asia.

Kini, sebuah makalah yang diterbitkan dalam Journal of Biogeography menyajikan skenario baru untuk menguraikan proses evolusi potensial yang telah bertindak secara terpisah atau bersama-sama. Ini bertujuan untuk menimbulkan keanekaragaman hayati spesies dalam kelompok ini di ekosistem Mediterania.

Makalah yang diterbitkan pada 18 Oktober tersebut diberi judul “Allopatric speciation, niche conservatism and gradual phenotypic change in the evolution of European green lizards.”

Studi ini dipimpin oleh peneliti Antigoni Kaliontzopoulou, dari Fakultas Biologi dan Institut Penelitian Keanekaragaman Hayati (IRBio) Universitas Barcelona. Tim dari Museum Nasional Ilmu Pengetahuan Alam (MNCN-CSIC), Universitas Vigo dan Universitas Porto (Portugal), di antara institusi lain juga ikut berpartisipasi.

Saat ini, populasi kadal hijau terancam oleh banyak faktor: perusakan dan fragmentasi habitat alami mereka; hilangnya praktik pertanian tradisional; penggunaan pestisida; peningkatan populasi kucing di daerah manusia; perubahan iklim, dan, di samping itu, kecelakaan fatal yang mereka alami di jalan. Namun, meski ada indikasi beberapa populasi mengalami penurunan populasi, International Union for Conservation of Nature (IUCN) belum memasukkan reptil ini sebagai spesies yang terancam punah.

Kelompok ini telah terdiversifikasi dalam ritme yang relatif stabil, tanpa perubahan tingkat diversifikasi garis keturunan yang terkait dengan peristiwa iklim utama di wilayah Mediterania. (Birgit & Peter Oefinger)

Menurut penelitian sebelumnya, evolusi kelompok kadal hijau adalah hasil dari kombinasi evolusi dan konservatisme relung ekologi, "Tetapi peran relatif dari sejarah geologi dan dinamika relung belum diuji," kata Antigoni Kaliontzopoulou, seorang anggota Departemen Biologi Evolusi, Ekologi dan Ilmu Lingkungan Universitas Barcelona.

Studi baru ini menggabungkan alat analisis mutakhir untuk mempelajari evolusi fenotipe dan sejarah biogeografis filogeni kadal hijau. Juga untuk menyimpulkan kontribusi relatif mereka terhadap diversifikasi spesies. Tim tersebut menghubungkan model biogeografi resolusi tinggi, yang mengintegrasikan untuk pertama kalinya data komprehensif tentang perubahan konfigurasi ekosistem terestrial dan konektivitas di Mediterania. Ini untuk menilai pentingnya penyebaran dan perwakilan dalam menentukan dinamika rentang historis.

Secara khusus, tim menerapkan pemodelan fenotipik filogeni untuk mengidentifikasi perubahan tingkat evolusi keanekaragaman morfologi dan ceruk iklim yang ditempati. Informasi ini kemudian digabungkan dengan serangkaian analisis diversifikasi yang bergantung pada sifat untuk menetapkan bagaimana diversifikasi kelompok garis keturunan telah dibentuk.

Studi yang dipimpin oleh peneliti dunia hewan Antigoni Kaliontzopoulou memberikan bukti peran gabungan konservatisme ceruk skala tinggi dan evolusi ceruk cepat yang mendasari sejarah evolusi klad kadal ini di sekitar Mediterania. (Fernando Martínez-Freiría)

"Kesimpulan seperti itu biasanya fokus pada satu aspek diversifikasi: baik cladogenesis, dinamika geografis, sifat ceruk iklim atau evolusi sifat fenotipik," tambah Kaliontzopoulou. "Studi kami inovatif dalam menyatukan bukti yang memungkinkan kami untuk membandingkan hipotesis tentang proses evolusi potensial yang berbeda yang mungkin bertindak secara terpisah atau dalam kombinasi untuk membentuk keanekaragaman spesies di hotspot Mediterania."

 Baca Juga: Dunia Hewan: Kenapa Ekor Cecak yang Putus Masih Bisa Bergerak?