Benarkah Uang Tidak Bisa Membeli Kebahagiaan? Begini Faktanya

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 4 November 2022 | 13:00 WIB
Penelitian terbaru ungkap uang benar-benar dapat membeli kebahagiaan. (Frestock)

Nationalgeographic.co.id—Banyak dari kita diajari untuk menghindari percakapan seputar topik uang. Bahkan ungkapan kebahagiaan tidak dapat dibeli dengan uang pun sudah sering didengar. Tapi pernahkah terlintas pertanyaan-pertanyaan di bawah ini di pikiran Anda?

“Jika uang tidak bisa membeli kebahagiaan, mengapa saya hanya melihat diri lebih bahagia jika lebih kaya?”

"Apakah materialisme dan kebahagiaan saling bergantung?"

“Apakah boros membuat serakah dan egois?”

Dikutip Psychology Today, sebuah penelitian terbaru mengungkap fakta tentang bagaimana uang dipandang dan berperan dalam hidup. Bahwa bukti uang benar-benar dapat membeli kebahagiaan.

Menghabiskan uang untuk pasangan Anda membayar kebahagiaan

Kita sering merasa terdorong untuk memikirkan cara-cara kreatif untuk menunjukkan komitmen kita kepada pasangan. Ini mungkin berarti membuat sikap bijaksana yang tidak terduga, membuat hadiah buatan tangan, atau memikirkan cara baru untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Meskipun semua metode ini bagus, tidak ada salahnya membelikan pasangan Anda sesuatu yang mereka inginkan atau dapat mereka gunakan — atau, lebih baik lagi, sesuatu yang mereka inginkan tetapi tidak akan pernah mereka beli sendiri.

Satu studi baru-baru ini menunjukkan bahwa pasangan yang secara teratur menghabiskan uang satu sama lain lebih puas dalam hubungan mereka. Pengeluaran untuk pasangan Anda meningkatkan respons pasangan, yang berkontribusi pada kesehatan hubungan dan kesehatan psikologis individu kedua anggota.

Selain itu, membeli sesuatu untuk pasangan Anda tidak berarti Anda tidak mencurahkan waktu atau usaha untuk hal itu. Membeli sesuatu yang bagus juga membutuhkan usaha — Anda mungkin harus menghemat uang, merencanakan penjualan, atau membuat reservasi. Ketika datang untuk berinvestasi dalam hubungan Anda, waktu dan uang membuat perbedaan.

Menghabiskan uang untuk hewan peliharaan bisa menyenangkan

Ya, hewan peliharaan adalah tanggung jawab besar. Mereka bisa membuat kekacauan, terkadang meninggalkan bekas gigitan pada furnitur baru hingga kunjungan ke dokter hewan bisa mahal. Namun, penelitian menunjukkan bahwa membelanjakan uang untuk hewan peliharaan Anda — baik itu untuk pelatihan, mainan, atau aksesori — dapat secara signifikan meningkatkan tingkat kebahagiaan Anda.