Dunia Hewan: Bendungan Sungai Besar Mengancam Populasi Platipus

By Wawan Setiawan, Rabu, 9 November 2022 | 16:00 WIB
Studi baru dunia hewan ini meneliti susunan genetik platipus di sungai yang mengalir bebas dan di dekatnya dengan bendungan besar di New South Wales. (Tamielle Brunt)

Nationalgeographic.co.id—Platipus mungkin adalah mamalia paling tak tergantikan yang ada saat ini di dunia hewan. Mereka memiliki kombinasi karakteristik yang unik, termasuk di antaranya adalah bertelur meskipun mamalia, taji berbisa pada jantan, elektroresepsi untuk mencari mangsa, bulu biofluorescent, beberapa kromosom seks, dan sejarah evolusi terpanjang pada mamalia. Semua keunikan tersebut membuatnya menjadi satu hal yang menarik bagi para peneliti.

Platipus (Ornithorhynchus anatinus), juga disebut duckbill, mamalia amfibi Australia kecil yang terkenal karena kombinasi aneh fitur primitif dan adaptasi khusus. Terutama paruh yang datar dan hampir lucu yang menurut pengamat awal adalah bebek yang dijahit ke tubuh seekor mamalia. Menambah penampilannya yang khas adalah bercak putih mencolok dari bulu di bawah mata. Bulu di bagian tubuh lainnya berwarna gelap hingga coklat muda di bagian atas, dengan bulu yang lebih terang di bagian bawah.

Dengan semua keunikan itu, sayangnya, platipus adalah spesies yang terancam di beberapa negara bagian Australia dan konservasinya menjadi perhatian lebih luas. Ini dikarenakan adanya penurunan populasi yang semakin tajam.

Sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Communications Biology pada 3 November meneliti susunan genetik platipus di sungai yang mengalir bebas dan di dekatnya dengan bendungan besar di New South Wales. Ini termasuk Sungai Ovens yang mengalir bebas. Bersama dengan Sungai Mitta yang dibendung, dan Sungai Tenterfield yang mengalir bebas bersama dengan Sungai Severn di dekatnya yang diatur oleh sebuah bendungan besar.

Studi ini menemukan bahwa bendungan besar merupakan penghalang signifikan bagi pergerakan platipus. Ini tercermin dalam diferensiasi genetik yang lebih besar antara platipus di atas dan di bawah bendungan besar dibandingkan dengan sungai tanpa bendungan. Yang penting, diferensiasi genetik ini meningkat dari waktu ke waktu sejak bendungan dibangun. Sehingga mencerminkan dampak jangka panjang bendungan.

Pemantauan Gilad Bino untuk platipus di pantai utara tengah New South Wales. (The Guardian)

“Kami mengekstrak DNA dari darah yang dikumpulkan oleh para peneliti Inisiatif Konservasi Platipus kami di UNSW. Dengan menggunakan ribuan penanda molekuler, kami dapat mengidentifikasi sinyal kuat yang menunjukkan bahwa diferensiasi genetik meningkat pesat antara platipus di bawah dan di atas bendungan besar ini,” kata penulis utama Dr Luis Mijangos, mantan mahasiswa PhD UNSW yang sekarang berada di University of Canberra.

Profesor Richard Kingsford, Direktur Pusat Ilmu Ekosistem UNSW dan salah satu penulis makalah tersebut, mengatakan, "Ini adalah hasil yang mendalam dengan implikasi signifikan bagi konservasi platipus. Kami sudah lama menduga bahwa hewan-hewan ini tidak bisa melewati bendungan besar."

  

Baca Juga: Dunia Hewan: Kumbang Ambrosia Bisa Memelihara Sendiri Jamur Makanannya

Baca Juga: Platypus si 'Hewan Aneh' Blasteran Mamalia, Unggas, dan Reptil

Baca Juga: Dunia Hewan: Lebah Madu Dapat Menghasilkan Muatan Listrik Atmosfer