Dunia Hewan: Mikrob Usus Karnivora, Wawasan Kesehatan Ekosistem Liar

By Wawan Setiawan, Jumat, 11 November 2022 | 14:00 WIB
Sebuah studi baru dunia hewan menemukan ekosistem mikroba dalam usus marten liar yang hidup di habitat alami yang relatif murni. Berbeda dari mikrobioma usus marten liar yang hidup di daerah yang lebih padat, dipengaruhi oleh aktivitas manusia. (Rylee Jensen)

Nationalgeographic.co.id—Marten adalah mamalia kecil, berkerabat dengan musang, musang, dan cerpelai. Sebuah studi baru dunia hewan menemukan ekosistem mikrob dalam usus marten liar (Martes americana). Mikrob ini hidup di habitat alami yang relatif murni berbeda dari mikrobioma usus marten liar yang hidup di daerah yang lebih banyak dipengaruhi oleh aktivitas manusia.

Temuan ini menyoroti alat yang muncul yang akan memungkinkan peneliti dan pengelola satwa liar untuk menilai kesehatan ekosistem liar.

“Secara khusus, kami menemukan bahwa marten liar di lingkungan yang relatif tidak terganggu memiliki lebih banyak makanan karnivora daripada marten di daerah yang terkena dampak manusia,” kata Erin McKenney, penulis utama makalah tersebut. Hasil kajiannya telah dipublikasikan di jurnal PLOS ONE pada 3 November.

“Dalam hubungannya dengan pekerjaan kami yang lain pada mikrobioma karnivora, temuan ini memberi tahu kita bahwa ekosistem mikrob dalam usus karnivora dapat bervariasi secara signifikan, yang mencerminkan lingkungan karnivora,” kata McKenney. “Di antaranya, ini berarti kita dapat mengetahui seberapa besar pengaruh manusia terhadap suatu area dengan menilai mikrobioma usus karnivora yang hidup di area tersebut – yang dapat dilakukan dengan menguji kotoran hewan liar. Secara praktis, studi ini mengungkapkan alat yang berharga untuk menilai kesehatan ekosistem liar.”

"Tujuan kami di sini adalah untuk menentukan bagaimana, jika memang gangguan manusia terhadap lanskap memengaruhi mikrobioma usus marten Amerika yang hidup di lanskap itu," kata Diana Lafferty, yang juga penulis utama makalah ini dan asisten profesor biologi di Universitas Michigan Utara. "Dan jawabannya di sini cukup jelas."

Untuk penelitian ini, para peneliti mengumpulkan data mikrobioma usus dari 21 marten. Enam belas marten ditangkap selama musim penangkapan yang sah. Lima sisanya terperangkap dengan aman dan dilepaskan di Huron Mountain Club, yang terletak di Upper Peninsula Michigan.

Mikrobioma usus karnivora secara inheren lebih bervariasi daripada mikrobioma usus hewan lain, menurut penulis studi baru dunia hewan ini. (Rylee Jensen)

“Huron Mountain Club sangat penting untuk penelitian ini, karena relatif masih asli – salah satu hutan purba terbesar di Amerika Serikat bagian timur,” kata Lafferty. “Itu membuatnya menjadi penjajaran yang sangat baik dengan 16 marten yang ditangkap, karena dikumpulkan di daerah yang lebih terpengaruh oleh aktivitas manusia.”

Para peneliti menemukan bahwa mikrobioma usus marten di hutan murni Huron Mountain Club jelas berbeda dari marten yang ditangkap di daerah lain.

“Ini mencerminkan fakta bahwa marten di hutan yang relatif murni dapat mencari makan di tingkat trofik yang lebih tinggi, yang berarti mereka menempati tempat yang lebih tinggi dalam jaring makanan,” kata Lafferty. “Dengan kata lain, marten di hutan yang relatif masih asli memiliki pola makan yang lebih karnivora, sedangkan marten di daerah yang lebih banyak penduduknya lebih bersifat omnivora. Pada dasarnya, temuan ini memberi tahu kita bahwa lanskap yang terganggu menghasilkan pola makan yang sangat berbeda, yang tercermin dalam mikrobioma usus mereka.”

  

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Mikrob yang Bisa Mengurai Sampah Plastik, Seperti Apa?