Alasan di Balik Kucing dan Buaya Disembah oleh Orang Mesir Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 6 November 2022 | 15:41 WIB
Seorang pendeta menawarkan hadiah makanan dan susu untuk roh kucing. Di atas altar berdiri mumi almarhum, dan makam itu dihiasi dengan lukisan dinding, guci bunga segar, bunga teratai, dan patung. Pendeta berlutut saat dia mengembuskan asap dupa menuju altar. Di latar belakang, patung Sekhmet atau Bastet menjaga pintu masuk makam. (John Reinhard Weguelin )

Nationalgeographic.co.id – Sering dikatakan bahwa orang Mesir kuno adalah pecinta binatang yang fanatik. Ini didasarkan pada sejumlah faktor, seperti dewa berkepala hewan dan jumlah mumi hewan yang ditemukan dalam catatan arkeologi.

Namun, hubungan antara orang Mesir kuno dan hewan tidak semudah itu. Secara keseluruhan hewan dipandang praktis dan semua memiliki fungsi di dalamnya. Bahkan hewan peliharaan yang termasuk kucing, anjing, dan monyet tidak menjalani gaya hidup yang dimanjakan dari hewan peliharaan modern, tetapi dianggap sebagai tambahan yang berguna untuk rumah tangga.

Misalnya kucing dikandangkan untuk menjauhkan tikus dan ular dari rumah dan penyimpanan biji-bijian dan anjing digunakan untuk membantu berburu mangsa kecil di padang pasir dan rawa-rawa. Bahkan kucing digambarkan dalam ekspedisi berburu di rawa-rawa di mana diperkirakan mereka digunakan untuk mengusir burung dari alang-alang.

Sementara hewan peliharaan memang memiliki fungsi praktis, ada cukup bukti untuk menunjukkan beberapa juga sangat dicintai. Misalnya di makam Ipuy dari Deir el Medina (1293-1185 SM) seekor kucing peliharaan digambarkan mengenakan anting-anting perak (yang lebih berharga daripada emas), dan salah satu anak kucingnya sedang bermain dengan lengan tunik pemiliknya.

Sarkofagus kucing Pangeran Thutmose, dipamerkan di Museum of Fine Arts of Valenciennes, Prancis. (Larazoni)

Dikutip Wondrium Daily, meskipun kasih sayang yang jelas antara beberapa pemilik dan hewan peliharaan mereka, hanya satu nama kucing yang diketahui dari catatan arkeologi—The Pleasant One. Kebanyakan kucing hanya disebut Miw—yang merupakan kata Mesir kuno untuk kucing.

Kebingungan muncul ketika mempertimbangkan dewi Mesir kuno Bastet, dewi kucing yang telah membuat beberapa orang percaya bahwa orang Mesir menyembah semua kucing. Namun di zaman sekarang ini tidak terjadi, kucing rumahan tidak disembah seperti itu. Untuk memahami perbedaan ini kita perlu melihat sifat para dewa.

 Baca Juga: Peran Anjing Bagi Kehidupan Yunani, Memburu Babi Hutan Hingga Perang

 Baca Juga: Janus, Dewa Awal dan Akhir dari Romawi yang Memiliki Dua Muka

 Baca Juga: Hewan- hewan Yang Dianggap Sakral Oleh Orang-orang Mesir Kuno

Alam para dewa

Banyak dewa Mesir, kadang-kadang diwakili dengan kepala binatang atau sepenuhnya dalam bentuk binatang alis sebagai perwujudan. Misalnya Khepri, kadang-kadang disajikan dengan kumbang untuk kepala, Bastet dengan kepala kucing, Sekhmet dengan kepala singa betina, Hathor dengan kepala sapi atau telinga sapi dan Horus dengan kepala elang.