Pemakaman Anak Zaman Batu di Finlandia, Ungkap Kebiasaan Ras Nordik

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 7 November 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi seniman menggambarkan anak yang dimakamkan di Majoonsuo, Finlandia. (Tom Björklund)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah situs pemakaman Zaman Batu di Majoonsuo, Outokumpu di Finlandia timur telah memberikan penemuan luar biasa selama penggalian arkeologi. Penemuan tersebut ialah potongan gigi milik seorang anak yang hidup 6.000 tahun lalu dengan bulu binatang pada periode Mesolitik terkubur di bawah jalan berkerikil di hutan di Finlandia. 

Kebiasaan Pemakaman Komunitas Nordik

Sementara tulang-tulang anak itu tidak bertahan dari gempuran waktu, penemuan menarik ini telah menjelaskan kebiasaan penguburan komunitas Nordik dan merupakan subjek dari sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One. Studi ini telah memberikan wawasan berharga tentang kebiasaan penguburan di Zaman Batu, menunjukkan bagaimana komunitas Nordik kuno mempersiapkan anak itu untuk perjalanan setelah kematian.

Situs pemakaman merah-oker anak di Majoonsuo. (Kristiina Mannermaa)

Untuk tujuan penelitian, mereka menggali fragmen kecil mikroskopis dari bulu burung, bulu anjing, mamalia kecil, dan serat tanaman menggunakan analisis tanah. Apa yang membuat penemuan ini semakin luar biasa adalah fakta bahwa bahan organik tidak terawetkan dengan baik di tanah asam Finlandia.

Khawatir akan kehancuran situs tersebut, tim Layanan Lapangan Arkeologi dari Badan Warisan Finlandia memeriksa situs tersebut pada tahun 2018. Apa yang menyebabkan penguburan itu adalah warna oker merah tua, yang telah digunakan dalam penguburan dan seni cadas di seluruh dunia, sebagai kuburan sebagian terbuka di ujung jalan pasir berkerikil.

Gambar mikroskop elektron dari rambut anjing. (Tuija Kirkinen)

Analisis Tanah, Fragmen Rambut, dan Senjata

Para peneliti dari Universitas Helsinki, yang dipimpin oleh arkeolog Tuija Kirkinen, menulis dalam penelitian tersebut bahwa “… hanya beberapa fragmen email manusia yang tidak terbakar yang tersisa dari orang yang meninggal. Berdasarkan gigi ini, almarhum adalah seorang anak, kurang dari 10,5 tahun.”

Tujuan utama mereka adalah menyelidiki bagaimana sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang sangat terdegradasi dapat dilacak melalui analisis tanah. 65 kantong sampel tanah dikumpulkan untuk penelitian dan dilakukan di laboratorium Universitas Helsinki dengan memisahkan bahan organik dari sampel menggunakan air.

Serat dan rambut yang terbuka kemudian diletakkan di bawah pemindai, diidentifikasi dengan bantuan mikroskop elektron dan cahaya yang ditransmisikan. Penelitian ini juga menggunakan teknik pemisahan serat yang unik, yang dikembangkan selama penelitian ini. Diharapkan dapat memberikan cetak biru untuk penelitian selanjutnya. Tiga laboratorium yang berbeda mencari sampel, menjelajahi mikropartikel dan asam lemak. Tanah bernoda oker merah diayak dan dipisahkan dengan hati-hati dari tanah asalnya.