Penampakan Wajah 'Vampir' Amerika dari Abad 19 yang Direkonstruksi

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 9 November 2022 | 14:00 WIB
Pemindaian 3D kiri tengkorak JB55 dengan penanda kedalaman jaringan membantu memandu rekonstruksi wajah 'vampir'. Rekonstruksi wajah Forensik Kanan dari JB55, seorang pria Connecticut yang dicurigai sebagai vampir. (Parabon NanoLabs, Inc)

Nationalgeographic.co.id—Seorang seniman forensik telah menciptakan kembali wajah seorang pria yang dikubur, tetapi tidak pernah dikuburkan. Hal ini diketahui berdasarkan DNA yang diekstraksi dari kerangka abad ke-19. Jenazah, Mr John Barber kemudian digali agar mayatnya bisa lumpuh, karena dicurigai sebagai vampir.

Seorang 'vampir' tersebut dimakamkan di Griswold, sebuah kota yang tenang di New London County, Connecticut, New England. Di sinilah pada pertengahan abad ke-19 vampir Kota Jewett diduga meneror Rays, sebuah keluarga petani yang tinggal di Griswold pada tahun 1840-an dan 1850-an. Setelah kematian mereka, anggota keluarga Ray mengklaim bahwa mereka "diganggu oleh vampir." Keluarga Griswold ini menjadi sangat paranoid sehingga pada tahun 1854, keturunan mereka membongkar dan membakar mayat kerabat yang telah meninggal, mencoba untuk menghalangi “undead” untuk kembali ke dunia ini.

Sekarang, menggunakan bukti DNA, tim ilmuwan forensik telah membuat rekonstruksi wajah salah satu vampir abad ke-19. Yang ini juga digali dan dikubur kembali di Griswold, tapi bukannya dibakar, tulang pahanya disilangkan di dadanya. Penempatan tulang yang spesifik ini menunjukkan bahwa penduduk setempat menganggapnya sebagai vampir.

JB55: Vampir Griswold

Tim ilmuwan forensik dari Parabon NanoLabs, sebuah perusahaan teknologi DNA yang berbasis di Virginia, bekerja dengan Laboratorium Identifikasi DNA Angkatan Bersenjata (AFDIL), cabang dari Sistem Pemeriksa Medis Angkatan Bersenjata AS yang berbasis di Delaware.

Secara resmi dikenal sebagai JB55, para arkeolog awalnya menggali sisa-sisa berusia 200 tahun pada tahun 1990. Pada tahun 2019, tim ilmuwan forensik mengekstraksi DNA-nya dan membandingkannya dengan database silsilah. Mereka menemukan bahwa pria itu bernama John Barber, dan gelar JB55 berasal dari batu nisan yang ditandai di peti matinya dengan paku payung kuningan, yang menunjukkan inisial namanya dan usia dia meninggal.

Bukti yang dikumpulkan pada tahun 2019 menunjukkan bahwa Tuan Tukang Cukur belum beristirahat dengan tenang. Sebaliknya, beberapa tahun setelah kematiannya, tubuhnya digali dan dikubur kembali, dengan kepala dan anggota badan ditumpuk di atas tulang rusuknya, membentuk bentuk salib. Gaya pemakaman tak terduga ini, menurut sejarawan New England, dikaitkan dengan orang-orang yang dicurigai sebagai vampir.

Hubungan antara Vampir dan Tuberkulosis

Analisis DNA baru telah menentukan bahwa Mr. Barber berusia sekitar 55 tahun ketika dia meninggal. Selanjutnya, bukti menunjukkan bahwa 'vampir' telah menderita akibat konsumsi (sekarang disebut sebagai tuberkulosis.) Dalam sebuah pernyataan, tim ilmuwan mengatakan bahwa di New England abad ke-19, tuberkulosis sering disalahartikan sebagai serangan vampir.

   

Baca Juga: Kerangka 'Vampir' Wanita yang Digembok Ditemukan di Kuburan Polandia

Baca Juga: Empusa, Iblis Wanita Penghisap Darah Manusia dalam Mitologi Yunani