Pria Ini Menanam Salah Satu Tanaman Paling Berbahaya Sedunia di Rumah

By Utomo Priyambodo, Rabu, 9 November 2022 | 08:00 WIB
Dendrocnide moroides, salah satu tanaman paling berbahaya di dunia. (Steve Fitzgerald/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id — Banyak orang suka menanam tanaman di rumah. Namun, aktivitas seorang pria dari Inggris ini tidak biasa. Dia telah menanam salah satu tanaman paling berbahaya di dunia di rumahnya.

Tanaman ini legendaris karena bahayanya. Bahkan sedikit sentuhan pada daunnya dapat menyebabkan rasa sakit yang menyiksa bagi orang yang menyentuhnya.

Nah, pria Inggris yang nekat menanam tanaman berbahaya ini adalah ahli botani Daniel Emlyn-Jones. Dia membudidayakan tanaman berbahaya itu di dalam sebuah kurungan. Apa alasannya?

"Saya selalu terpesona dengan tanaman berbahaya," jelas Emlyn-Jones dalam sebuah video di saluran YouTube-nya.

"Saya pikir selalu menarik untuk melihat apa yang bisa muncul dari alam, dan ini adalah tanaman yang sangat berbahaya seperti yang Anda lihat dari tanda peringatannya," ujarnya.

Tanda peringatan yang dipasang di kurungan itu memberi tahu pengunjung bahwa kontak kulit dengan tanaman tersebut akan menyebabkan "rasa sakit yang menyiksa". Jika terkena, sebaiknya orang tersebut tidak menggosok kulit mereka dan disarankan untuk mengoleskan asam klorida ke bagian luka tersebut dan kemudian menghilangkan rambut di luka menggunakan strip lilin.

Nama Latin tanaman tersebut adalah Dendrocnide moroides. Tanaman ini juga dikenal sebagai gympie-gympie atau pohon penyengat.

Tanaman ini cukup beracun di seluruh bagiannya, tetapi terutama pada batangnya. Di antara yang pertama menemukan pohon itu adalah A.C. Macmillan, seorang surveyor jalan North Queensland. Pada tahun 1866 ia melaporkan bahwa kuda bebannya telah disengat pohon itu sebelum akhirnya "menjadi gila, dan mati dalam waktu dua jam".

Baca Juga: Senyum Sinis Joker yang Menyeramkan Berasal dari Tanaman Beracun Ini

Baca Juga: Koloni Tanaman Terbesar di Bumi, Usianya Bahkan Ribuan Tahun

Baca Juga: 'Pohon Kematian' Ini Sangat Beracun, Anda Dilarang Memegangnya 

Orang-orang yang pernah tersengat tanaman itu menggambarkan rasa sakitnya sebagai tak tertahankan. Namun anehnya, beberapa orang sengaja menyengat diri mereka sendiri dengan tanaman itu di depan kamera.