Reruntuhan Distrik Bisnis dan Kuliner Romawi Timur Ditemukan di Turki

By Ricky Jenihansen, Kamis, 10 November 2022 | 10:00 WIB
Area penggalian di Lapangan Domitianus (OeAW-OeAI / Niki Gail)

Nationalgeographic.co.id—Reruntuhan distrik bisnis dan gastronomi (tata boga) berusia 1.400 tahun telah ditemukan para arkeolog dari Austrian Academy of Sciences di Efesus, sebuah kota kuno di Turki modern. Reruntuhan tersebut juga merupakan pusat kuliner pada zamannya.

Seperti diketahui, efesus adalah kota pelabuhan kuno yang reruntuhannya terpelihara dengan baik sekitar 3 km barat daya Selçuk saat ini di Provinsi zmir, Turki.

Kota ini dibangun pada abad ke-10 SM oleh penjajah Yunani Attic dan Ionia. Ibu kota provinsi ini adalah Izmir atau juga disebut sebagai Smyrna dalam bahasa Yunani.

Kota tersebut juga pernah dianggap sebagai kota Yunani yang paling penting dan pusat perdagangan paling penting di wilayah Mediterania. Efesus mengubah lokasinya beberapa kali dalam perjalanan sejarahnya yang panjang sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan masyarakat pada saat itu.

Reruntuhan distrik bisnis dan gastronomi yang baru ditemukan ini berasal dari periode Bizantium atau Romawi Timur dan kemungkinan dihancurkan sekitar tahun 614-615 M.

"Semua barang-barang rumah tangga di kamar disegel oleh lapisan tebal yang terbakar dan dengan demikian diawetkan untuk anak cucu, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan potret unik kehidupan kuno hari ini," kata Sabine Ladstätter, direktur Institut Arkeologi Austria di Austrian Academy of Sciences seperti dilansir dari Sci-News.

Menurut Ladstätter, karena hal itulah, membuat temuan itu sebanding dengan situs arkeologi Pompeii.

Distrik Bizantium terletak di Alun-alun Domitianus, tempat umum terkemuka yang berbatasan langsung dengan Agora Atas, pusat politik Efesus selama periode Romawi.

"Bahwa kompleks alun-alun Romawi yang awalnya besar dibangun oleh toko-toko dan bengkel di Zaman Kuno Akhir sudah diperkirakan," kata Ladstätter.

Beberapa tempat bisnis ditemukan di kawasan Bizantium di Efesus, Turki. (OeAW-OeAI / Niki Gail)

"Apa yang benar-benar tidak terduga, bagaimanapun, adalah keadaan pelestarian serta waktu penghancuran yang tepat dan implikasi bagi sejarah perkotaan yang dapat diturunkan darinya."

Para arkeolog menemukan beberapa tempat bisnis, termasuk toko masak, gudang, taberna, toko lampu dan suvenir peziarah Kristen, dan bengkel dengan ruang penjualan khusus.