Spesies Kerang Purba Ditemukan Masih Hidup di California Selatan

By Ricky Jenihansen, Minggu, 13 November 2022 | 07:00 WIB
Cymatioa cooki. ( P. Valentich-Scott & J.H.R. Goddard)

Nationalgeographic.co.id - Para ilmuwan dari University of California melaporkan telah menemukan Cymatioa cooki, spesies moluska bivalvia kecil yang sebelumnya hanya diketahui dari periode Pleistosen. Spesies kerang purba tersebut telah ditemukan hidup di daerah intertidal dekat Santa Barbara, California.

Temuan tersebut telah mereka deskripsikan dan diterbitkan di jurnal Zookeys yang merupakan jurnal akses terbuka. Makalah tersebut diterbitkan dengan judul "A fossil species found living off southern California, with notes on the genus Cymatioa (Mollusca, Bivalvia, Galeommatoidea)."

"Tidak terlalu umum untuk menemukan spesies hidup yang pertama kali diketahui dari catatan fosil (spesies purba), terutama di wilayah yang dipelajari dengan baik seperti California Selatan," kata Jeff Goddard, seorang peneliti di University of California, Santa Barbara.

Menurut peneliti, invertebrata yang menghuni zona intertidal berbatu di California selatan dan tengah adalah yang paling banyak dipelajari dan didokumentasikan di dunia.

"Milik kita tidak kembali sejauh coelacanth yang terkenal atau moluska laut dalam Neopilina galatheaemewakili seluruh kelas hewan yang diperkirakan telah menghilang 400 juta tahun yang lalu, tetapi itu kembali ke masa semua itu, hewan menakjubkan yang ditangkap oleh La Brea Tar Pits."

Pada 2018 dan 2019, Goddard dan rekannya, Paul Valentich-Scott dari Museum Sejarah Alam Santa Barbara, menemukan tiga individu bivalvia kecil yang tembus cahaya di Naples Point di Santa Barbara County, California.

"Cangkang mereka (ukurannya) hanya sepanjang 10 mm. Ketika mereka memanjang dan mulai melambai-lambaikan kaki bergaris putih cerah yang lebih panjang dari cangkangnya, saya menyadari bahwa saya belum pernah melihat spesies ini sebelumnya," kata Goddard.

"Saya kaget dan penasaran. Saya mengenal keluarga bivalvia (Galeommatidae) ini dengan sangat baik di sepanjang pantai Amerika. Ini adalah sesuatu yang belum pernah saya lihat sebelumnya," kata Valentich-Scott.

Para peneliti memeriksa spesimen mereka dari Naples Point dan menyimpulkan bahwa mereka tidak sama dengan Cymatioa electilis, anggota genus Cymatioa yang masih hidup yang tercatat dari wilayah tersebut.

Cangkang Cymatioa cooki. (Goddard et al.)

Dengan penelitian selanjutnya, mereka menentukan spesimen yang cocok dengan holotipe spesies yang seharusnya telah punah, yaitu Cymatioa cooki (juga dikenal sebagai Bornia cooki) dari wilayah Pleistosen yang sekarang merupakan Los Angeles County.

 Baca Juga: Dunia Hewan: Spesies Baru Ikan Laut Dalam Ditemukan di Palung Atacama