Hukuman Abad Pertengahan: Lewat Pertempuran Hingga Gunakan Besi Panas

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 12 November 2022 | 14:00 WIB
Seorang suami memukul istrinya dengan tongkat. (Getty Center)

Nationalgeographic.co.id—Sepanjang periode abad pertengahan, mereka yang bertanggung jawab atas hukum dan ketertiban percaya bahwa cara untuk menjaga masyarakat agar tetap teratur adalah melalui hukuman. Akibatnya semua kejahatan, dari pelanggaran kecil hingga pembunuhan, cenderung memiliki hukuman yang berat. Di Abad Pertengahan, keadilan bersifat acak dan brutal. Hukuman sering digunakan untuk menimbulkan ketakutan dan bertindak sebagai pencegah.

Penegakan hukum masyarakat

Tidak ada kepolisian sebelum abad ke-16, dan oleh karena itu korban dan masyarakat setempat dianggap bertanggung jawab untuk menemukan dan menangkap penjahat itu sendiri untuk membantu memerangi kejahatan. Keadilan lebih bersifat lokal daripada nasional, dan sebagian besar kejahatan ditangani oleh Pengadilan Negeri – suatu bentuk Pengadilan oleh Juri.

Diadakan pada berbagai interval sepanjang tahun, semua penduduk desa setempat harus hadir. Laki-laki ditempatkan dalam kelompok sepuluh - jika salah satu anggota kelompok melanggar hukum, maka tanggung jawab yang lain untuk menangkapnya dan membawanya ke pengadilan, dimana juri dari dua belas orang yang dipilih oleh penduduk desa memutuskan kasus ini dan hukuman apa yang harus dijatuhkan. Hukuman yang paling umum biasanya termasuk denda, mempermalukan publik dan penghinaan akan ditempatkan di penjara. 

Kehidupan penjara

Ilustrasi hukuman bagi pembuat roti yang melanggar peraturan berat roti. (Peter Isotalo)

Relatif sedikit penjara pada periode ini karena masyarakat lokal tidak siap untuk membayar biaya pemeliharaannya. Kondisinya jorok dan suram serta penyakit mudah menyebar. Tahanan harus membayar sewa dan makanan mereka, dan dengan demikian mereka yang memiliki dana paling sedikit akhirnya bergantung pada amal dan ditempatkan dalam kondisi yang paling dasar dan tidak menyenangkan – terkadang mati karena kelaparan dan perlakuan buruk. Banyak yang tidak mampu membayar biaya pelepasan mereka, tidak dapat dibebaskan.

Beberapa penjara juga menjadi tempat penyiksaan. Salah satu penjara paling terkenal pada periode abad pertengahan adalah 'The Clink', bagian dari Istana Winchester. Penjaga penjara tidak bertanggung jawab atas kesejahteraan tahanan, hanya untuk memastikan mereka tidak melarikan diri. Dengan bayaran rendah, para sipir sering kali berusaha memaksimalkan pendapatan mereka dengan mengandalkan tahanan kaya untuk membayar perawatan yang lebih ringan, fasilitas dan makanan dan minuman yang lebih baik, atau menyuap mereka untuk melonggarkan rantai. Bangsawan kaya kadang-kadang bisa keluar dari penjara, jika tidak mereka ditahan karena pengaruh atau kekuatan politik.

Peran Tuhan

Pada abad pertengahan, kekuasaan untuk memutuskan siapa yang bersalah atau tidak bersalah dipandang sebagai wewenang Tuhan. Dengan demikian Gereja menuntut agar semua menerima otoritasnya, dan bersama dengan para bangsawan negara, adalah orang-orang yang dianggap memiliki kekuatan dan kekayaan untuk dapat mendefinisikan kejahatan yang 'dapat dihukum'. Ini berkisar dari yang kecil hingga yang sangat serius. Pengadilan, yang biasanya diadakan di gereja, oleh karena itu dilihat sebagai tempat di mana penghakiman Tuhan diungkapkan.

Kasus keringanan hukuman memang ada, di mana beberapa gereja menawarkan perlindungan bagi penjahat asalkan mereka kemudian pergi ke pengadilan atau meninggalkan negara. 

'Percobaan dengan Cobaan'