Inilah Akhenaten, Firaun Mesir Kuno Pembawa Agama Baru yang Dimusuhi

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 12 November 2022 | 13:00 WIB
Patung kolosal Akhenaten dari Kuil Aten miliknya di Karnak. Museum Mesir Kairo (History Hit)

Nationalgeographic.co.id—Akhenaten atau juga dikenal sebagai Amenhotep IV adalah Firaun Mesir kuno dari dinasti ke-18 antara 1353-1336 SM. Dalam dua dekade atau lebih di atas takhta, ia mengubah agama Mesir, mengantarkan gaya artistik dan arsitektur baru, mencoba menghapus nama dan gambar beberapa dewa tradisional Mesir dan memindahkan ibu kota Mesir ke situs yang sebelumnya tidak berpenghuni.

Pada tahun-tahun setelah kematiannya, para penerusnya secara luas membatalkan perubahan yang dia buat, dan mencerca Akhenaten sebagai 'musuh' atau 'penjahat'. Namun, juga karena perubahan besar yang dia buat selama masa pemerintahannya, dia digambarkan sebagai 'individu pertama dalam sejarah'. Berikut 10 fakta tentang salah satu penguasa Mesir kuno yang paling kontroversial, Firaun Akhenaten.

Tidak dimaksudkan menjadi firaun

Akhenaten lahir sebagai Amenhotep, putra bungsu dari firaun Amenhotep III dan istri utamanya Tiye. Dia memiliki empat atau lima saudara perempuan serta seorang kakak laki-laki, putra mahkota Thutmose, yang diakui sebagai pewaris Amenhotep III. Namun, ketika Thutmose meninggal, itu berarti Akhenaten berada di urutan berikutnya untuk tahta Mesir.

Menikah dengan Nefertiti

Meskipun waktu pasti pernikahan mereka tidak diketahui, Amenhotep IV diyakini telah menikah dengan ratu utama pada masa pemerintahannya, Nefertiti. Bagaimanapun, mereka memiliki pernikahan yang sangat penuh kasih dan Akhenaten memperlakukan Nefertiti lebih dekat dengan yang setara, yang sangat tidak biasa.

Memperkenalkan agama baru

Akhenaten terkenal karena memperkenalkan agama baru yang berpusat di Aten. Sosok dewa umumnya direpresentasikan sebagai piringan matahari yang merupakan intisari cahaya yang dihasilkan oleh matahari, dan penggerak utama kehidupan. Sementara Aten dikatakan telah menciptakan dunia untuk laki-laki, tampaknya tujuan akhir penciptaan adalah raja itu sendiri. Memang, Akhenaten dikatakan telah menikmati hubungan istimewa dengan dewa. Pada tahun kelimanya sebagai firaun, ia mengubah namanya dari Amenhotep menjadi Akhenaten, yang berarti 'efektif untuk Aten'.

Menyerang dewa-dewa Mesir yang ada

Sekitar waktu yang sama ketika ia mulai memperkenalkan agama baru, Akhenaten memulai program untuk menghapus nama dan gambar dewa Theban, Amon dari semua monumen. Dewa-dewa lain juga diserang, seperti permaisuri Amon, Mut. Ini menciptakan kehancuran yang meluas di banyak kuil Mesir.

Dia mengubah gaya artistik zaman itu

Akhenaten memaksakan agama baru diwujudkan dalam bidang lain dari budaya Mesir, seperti seni. Karya-karya pertama yang ia tugaskan mengikuti gaya Theban tradisional yang telah digunakan oleh hampir setiap firaun dinasti ke-18 sebelum dia. Namun, seni kerajaan mulai mencerminkan konsep Atenisme.