Menelisik Kehidupan Sosial Mesir Kuno, Penampilan Jadi Nomor Satu

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 15 November 2022 | 07:47 WIB
Orang-orang di Mesir kuno sangat peduli dengan penampilan mereka. (Amelipulen)

Nationalgeographic.co.id—Penampilan dalam masyarakat Mesir kuno sangat penting. Mereka menggunakan minyak untuk mencegah keriput dan sengatan matahari, memakai perhiasan dan rambut palsu, bahkan menggunakan parfum.

Rumah, dalam masyarakat Mesir kuno, adalah tempat bagi semua anggota keluarga untuk mendapatkan perlindungan dan dukungan. Namun, itu bukan satu-satunya hal yang dipedulikan orang Mesir. Kehidupan di luar rumah juga penting, dan mereka berusaha melakukannya dengan sesempurna mungkin. Hal pertama yang membantu kita membayangkan masyarakat Mesir kuno adalah cara orang berpakaian.

Tata rias dalam Masyarakat Mesir Kuno

Terlepas dari situasi keuangan keluarga, semua orang ingin terlihat baik. Saat pergi keluar rumah bersama pasangan, sang istri akan memulainya dengan merias wajah. Sebelum pergi, dia akan menghilangkan rambut yang tidak diinginkan dengan pinset, yang digunakan sejak 3100 SM. di Mesir.

Selanjutnya, dia akan menggunakan kohl untuk matanya. Warna kohl favorit adalah hitam atau hijau, dipadukan dengan oker merah di pipi. Namun, kohl tidak hanya digunakan oleh wanita, tetapi juga populer di kalangan pria.

Produk kecantikan populer lainnya untuk pria dan wanita adalah wig. Kedua jenis kelamin memiliki rambut pendek, dan rambut palsu yang terbuat dari rambut manusia atau wol domba, dihiasi manik-manik akik atau faience, digunakan pada acara-acara khusus. Lilin lebah digunakan untuk menahannya. Namun, itu lebih populer di kalangan wanita.

Pakaian dalam Masyarakat Mesir Kuno

Busana wanita biasanya berwarna putih dan panjang sampai mata kaki, terkadang berlipit. Berbagai jenis perhiasan berwarna cerah juga digunakan dikenakan di atas payudara, kerah, gelang tangan dan kaki, serta beberapa cincin jari. Baik pria maupun wanita memakai anting-anting.

Perhiasan Mesir terbuat dari batu semi mulia, komposisi kaca, dan kaca berwarna. Faience juga merupakan bahan perhiasan yang sangat populer. Itu terbuat dari pasta kaca yang dibentuk dari kuarsa yang dihancurkan.

Pria mengenakan kilt yang turun sampai ke lutut atau betis. Jika mereka berpangkat, mereka memakainya dilipat sedemikian rupa untuk membuat bagian depan berbentuk segitiga dan membawa tongkat tipis sebagai tanda pangkat mereka. Dalam pertemuan formal, pria mengenakan kilt yang lebih panjang dan mungkin selendang berlipit di bahu.

Dalam pertemuan sosial, seorang wanita akan memakai kerucut kosmetik di atas kepalanya, diisi dengan minyak wangi yang perlahan-lahan menetes di atasnya, bertindak sebagai parfum masa kini. Selain itu, mereka mengoleskan banyak minyak pada tubuh mereka untuk mencegah keriput dan kulit pecah-pecah di bawah sinar matahari dan angin berpasir.

Penampakan Bangsa Mesir Kuno