Asal Mula Kelahiran Zeus, Sejak Kecil Dirawat oleh Kambing Pegunungan

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 17 November 2022 | 11:00 WIB
Zeus, Dewa langit dan guntur dalam mitologi Yunani kuno. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id—Zeus adalah dewa guntur dan langit dalam mitologi Yunani. Raja Gunung Olympus ini merupakan anak bungsu dari Cronus dan Rhea. Meskipun kadang-kadang dia disebut sebagai yang tertua karena saudara-saudaranya yang lain harus dipotong dari perut ayahnya. Namun, di mana Zeus lahir?

Dilansir dari Theoi.com, Kreta adalah tempat kelahiran Zeus. Ada dua gua yang terletak di pegunungan Kreta yang mendapat kehormatan sebagai tempat kelahiran dewa paling signifikan di Yunani kuno. Kedua gua ini adalah Gua Ideon, yang dapat ditemukan di gunung tertinggi di Kreta – Psiloritis atau Gunung Ida – dan Gua Dikteon, yang berada di selatan-tengah Kreta.

Meskipun tidak ada informasi tentang di mana tepatnya Zeus dilahirkan, setiap gua memiliki penganutnya sendiri. 

Cronus, Gaia, dan Ouranos

Menurut Theogony oleh Hesiod, sebelum dunia selesai, dewa pertama adalah Gaia (Bumi) dan Ouranos (Langit). Ouranos takut dicopot oleh anak-anaknya, jadi dia melemparkan mereka ke dalam lubang bumi.

Gaia tidak senang dengan perilaku suaminya dan memutuskan perlu menyembunyikan Cronus di tempat tidur mereka. Dia kemudian membantunya mengambil alih takhta di kemudian hari.

Menurut mitologi, Gaia menyarankan Cronus untuk mengambil sabit untuk mengebiri Ouranos dan kemudian membuang alat kelaminnya ke laut. Dikatakan bahwa campuran darah dan buih laut inilah yang menciptakan Aphrodite.

Kelahiran Zeus

Cronus kemudian akan mengalami nasib yang sama dengan ayahnya. Dia diberitahu tentang kutukan kenabian yang menyatakan bahwa suatu hari dia akan digulingkan oleh salah satu putranya. Menanggapi ini, dia menelan semua anaknya sehingga mereka tidak akan bisa mengalahkannya. Sebelum Zeus, Rhea dan Cronus memiliki lima anak, dan kelima anak itu melilit di perut Cronus.

Rhea hamil dengan bayi yang akan menjadi Zeus, dan dia tidak ingin sang anak menghadapi nasib yang sama, jadi dia meminta bantuan dari orang tuanya, Ouranos dan Gaia.

Mengikuti nasihat orang tuanya, dia pergi ke Kreta untuk bersembunyi di sebuah gua di pegunungan Kreta di mana dia akan melahirkan bayinya secara rahasia. Saat Rhea melahirkan, dia menggali jari-jarinya ke bumi. Dari jari-jarinya muncul salah satu dari sepuluh Dactyl - penduduk yang penuh kasih di pegunungan Kreta.

Selama kelahiran, pembukaan gua dijaga oleh Curetes. Setelah melahirkan Zeus, dia memberikan Zeus kepada Curetes untuk dibesarkan. Mereka menghentakkan kaki dan menari, memukul rum mereka dan membenturkan perisai mereka untuk meredam tangisan bayi Zeus.