Mitologi Yunani: Hera Menggulingkan Zeus, Dendam Gara-gara Selingkuh

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 17 November 2022 | 10:02 WIB
Zeus dan Hera. (Greek mythology)

Nationalgeographic.co.id—Hera dan Zeus adalah dewa yang kuat dalam mitologi Yunani. Mereka adalah saudara laki-laki dan perempuan, suami dan istri, dan raja dan ratu para dewa. Meskipun keduanya kuat dengan cara mereka sendiri, senjata pilihan mereka berbeda.

Zeus, Dewa Langit

Zeus adalah dewa langit Yunani. Ia sering menggunakan petir untuk mengalahkan musuh-musuhnya, menjadikan thunderbolt atau petir sebagai senjata yang paling sering ia gunakan. Dia akan melontarkan petir kepada mereka yang tidak mematuhi atau mengecewakannya, kadang-kadang memukul mereka sampai mati.

Hera, Dewi Perkawinan

Hera adalah dewi pernikahan Yunani. Tanggung jawab pernikahannya membuat perselingkuhan Zeus begitu menyakitkan. Zeus berkali-kali tidak setia kepada Hera. Dalam salah satu perselingkuhan Zeus, dia menghamili seorang wanita fana bernama Alcmene. Alcmene akan melahirkan Hercules, seorang dewa yang memiliki kekuatan super, seperti dikutip Theoi.com.

Ketika Hera menemukan perselingkuhan Zeus telah menghasilkan anak yaitu Hercules, dia bertekad untuk menghancurkan Hercules, karena Hercules adalah pengingat perselingkuhan Zeus. Alih-alih menyerang Hercules dengan senjata, dia menggunakan kepintarannya untuk menyusun rencana.

Hera Mencoba Menghancurkan Hercules, Anak dari Selingkuhan Zeus

Ketika Hercules pertama kali lahir dan tertidur di buaiannya, Hera mengirim ular untuk mencekik Hercules sampai mati. Hercules membangunkan ular-ular itu dan segera menangkap dan membunuh mereka. Ini adalah pertunjukan kekuatan manusia super pertama Hercules.

Belakangan dalam hidupnya, Hera berusaha menghancurkan Hercules sekali lagi. Hercules telah menikahi Megara dan memiliki anak bersamanya, jadi Hera mengirimkan kegilaan pada Hercules. Kegilaan ini membuat Hercules membunuh istri dan anaknya. Untuk memperbaikinya, Apollo memberi tahu Hercules bahwa dia harus mengunjungi Raja Eurystheus dan melayaninya. Raja Eurystheus memutuskan bahwa Hercules harus menyelesaikan 12 pekerjaan yang tampaknya mustahil.

Saat Hercules mencoba 12 pekerjaan, dia tidak menyadari bahwa Hera adalah alasan Raja Eurystheus memberinya tugas yang hampir mustahil ini. Lebih jauh lagi, Hera berperan dalam upayanya untuk menyelesaikan pekerjaan dengan membuat masalah dan membuat pekerjaan menjadi lebih sulit dari sebelumnya.

Hera Berencana untuk Menggulingkan Zeus

Sementara Zeus bukanlah suami yang setia sebagaimana seharusnya, Hera juga tidak sempurna. Ketidaksetiaannya terletak pada kenyataan bahwa dia ingin memerintah Zeus dan menyusun rencana untuk melakukannya.