Debu Gurun dari Es Gletser Menyimpan Rahasia Perubahan Iklim Bumi

By Wawan Setiawan, Rabu, 16 November 2022 | 15:00 WIB
Gletser merupakan indikator penting dari iklim global masa lalu dan juga dapat membantu para ilmuwan menentukan bagaimana dunia berubah di sekitar kita saat ini. (Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Para peneliti dari The Ohio State University menggunakan debu yang terperangkap dalam es gletser di Tibet untuk mendokumentasikan perubahan masa lalu dalam sistem iklim Bumi yang rumit. Mereka juga yakin, mungkin suatu hari nanti ini dapat membantu memprediksi perubahan di masa depan.

Temuan mereka menunjukkan bahwa komposisi debu dalam sampel yang dikumpulkan dari berbagai area dan kedalaman gletser yang sama dapat sangat bervariasi. Sebuah penemuan yang mengisyaratkan bahwa catatan debu yang lengkap dapat mengungkapkan lebih banyak rahasia daripada yang disadari para ilmuwan.

Debu yang diaduk oleh angin kencang dapat menyebabkan serangkaian reaksi berantai di atmosfer. Ini memengaruhi segala hal mulai dari kesehatan manusia dan biokimia laut hingga keseimbangan karbon dioksida di atmosfer. Bagaimana mikropartikel ini memengaruhi atmosfer sekitarnya sangat bergantung pada ukuran, bentuk, dan susunan kimianya.

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Geosciences berjudul “Aeolian Dust Preserved in the Guliya Ice Cap (Northwestern Tibet): A Promising Paleo-Environmental Messenger,” para peneliti bekerja untuk membantu memahami bagaimana debu memengaruhi iklim. Melalui pemeriksaan partikel debu yang terkunci di dalam es purba, atau apa yang dikatakan Emilie Beaudon, rekan penulis studi tersebut dan rekan peneliti senior di Byrd Polar and Climate Research Center, menyebutnya sebagai 'cryo-dust.'

“Dengan melihat komposisi debu melalui es, kita dapat mengekstraksi informasi tentang kondisi lingkungan bumi pada saat salju diendapkan dan es terbentuk,” ujarnya. "Kami mungkin dapat mempelajari apakah itu periode yang relatif kering atau basah atau mencoba menyimpulkan dari mana asal debu, dan dengan demikian mendapatkan informasi tentang pengaruh atmosfer di masa lalu."

Namun peneliti membutuhkan banyak es untuk dapat mengumpulkan data tersebut.

Wilayah Kutub ketiga dengan lokasi tudung es Guliya (bintang kuning) di Pegunungan Kunlun (garis putus-putus kuning), gurun utama dan sub-wilayah. Panah menggambarkan lintasan massa udara musiman utama yang memengaruhi iklim barat laut Tibet. (ESRI, world imagery / Geosciences (2022). )

Inti es, silinder es yang dibor dari gletser dan tudung es, telah lama digunakan sebagai arsip komprehensif sistem iklim Bumi karena terawetkan dengan baik. Saat lapisan es menumpuk selama musim dan tahun, aerosol menumpuk di dalam setiap lapisan baru. Pada akhirnya memberi para peneliti catatan yang sangat rinci tentang sejarah iklim planet yang penuh gejolak.

Dengan bantuan kapsul waktu alami ini, para ilmuwan dapat mempelajari seperti apa dunia pada saat itu, termasuk aspek-aspek seperti konsentrasi gas rumah kaca, serta aktivitas vulkanik, matahari, dan biologis.

Es yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dari Tudung Es Guliya di Tibet Barat Laut. Ini adalah sebuah daerah rumah bagi salah satu daerah sumber debu atmosfer terbesar di Belahan Bumi Utara, kedua setelah Gurun Sahara. “Karena wilayah tersebut berada di bawah pengaruh angin barat, banyak debu yang terbawanya tertiup ke kota-kota besar di Asia Timur,” kata Beaudon. Misalnya, pada tahun 2021, China mengalami badai debu terbesarnya dalam satu dekade karena badai tersebut memaksa seluruh kota untuk berlindung. Di mana pada akhirnya menimbulkan kekhawatiran dari komunitas ilmiah tentang dampak perubahan iklim terhadap frekuensi dan intensitas peristiwa semacam itu.

Tetapi para ilmuwan tidak memiliki cukup data untuk membantu mengidentifikasi bagaimana debu gurun Asia Tengah diangkut dalam jarak jauh, atau bagaimana perubahannya dari waktu ke waktu. “Mempelajari catatan debu dari inti es Tibet adalah satu-satunya cara untuk memberikan perspektif jangka panjang pada siklus debu Asia Tengah,” kata Beaudon.