Asal Usul Medusa Melahirkan Anak dari Leher, Akibat 'Kegilaan' Perseus

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 18 November 2022 | 10:00 WIB
Medusa. (Pexels/Engin Akyurt)

Nationalgeographic.co.id—Medusa dikenal sebagai monster Gorgon bersayap dengan rambut ular yang bisa mengubah siapa pun menjadi batu hanya dengan menatap mata orang itu, tetapi Medusa tidak selalu menjadi monster tercela. Percaya atau tidak, Medusa adalah manusia yang cantik sebelum dia berubah menjadi monster.

Bukan hanya kisah pribadinya saja yang menarik perhatian, namun kisah perselingkuhannya dengan Poseidon juga cukup membuat penasaran. Mari simak kisah selengkapnya.

Medusa Berubah Menjadi Monster

Sementara Medusa adalah wanita fana yang cantik, dia melayani di samping Athena, dewi kebijaksanaan dan pengetahuan. Athena adalah salah satu dari hanya tiga dewi perawan, jadi Medusa bersumpah untuk tetap perawan saat dia melayaninya.

Saat melayani Athena, manusia dan dewa sama-sama memperhatikan kecantikan Medusa. Medusa tidak mengambil bagian dalam perhatian apa pun yang dia terima sampai Poseidon, dewa lautan, memperhatikannya.

Poseidon terpikat oleh kecantikan Medusa, dan Medusa membalas perasaan yang sama. Medusa dan Poseidon menjalin hubungan cinta dan akan memiliki dua anak bersama, tetapi tidak sebelum Athena mengetahui perselingkuhan terlarang itu.

Saat Athena mengetahui perselingkuhannya, dia murka dan langsung mengutuk Medusa dengan menghilangkan kecantikannya. Dia mengubah rambut panjangnya menjadi ular berbisa dan membuat wajahnya yang cantik begitu mengerikan. Sehingga mereka yang menatap mata Medusa akan langsung berubah menjadi batu. 

Medusa dipenggal

Sebagai makhluk mistis, kepala Medusa dicari oleh Raja Polydectes. Raja Polydectes memerintahkan Perseus, seorang pahlawan Yunani, untuk membawakannya kepala Medusa.

Ada dua versi mengapa Raja Polydectes meminta Perseus membawakannya kepala Medusa.

Salah satu versi dari mitos ini mengatakan bahwa Raja Polydectes membutuhkan hadiah untuk diberikan kepadanya untuk menghormati raja yang menikahi Danae, ibu Perseus, dan Perseus tidak memiliki hadiah; oleh karena itu, dia diperintahkan oleh Raja Polydectes untuk membawakannya hadiah khusus berupa kepala Medusa.

Versi lain dari mitos ini mengatakan bahwa Raja Polydectes mengirim Perseus untuk mencari kepala Medusa agar dia tidak mengalahkannya di atas takhta.