Jangan Main-main! Anda Mati dalam Gim Ini, Nyawa Anda Bisa Melayang

By Wawan Setiawan, Kamis, 17 November 2022 | 13:00 WIB
Apakah Anda akan memainkan game VR yang benar-benar bisa membunuh Anda? (Palmer Luckey)

Nationalgeographic.co.id—Ini mungkin sebuah ide gila, atau inovasi ekstrem yang pernah saya ketahui. Sebuah permainan, akan dapat membunuh Anda di dunia nyata. Apakah benar-benar akan ada seseorang yang berani memainkannya? Mungkin jika pun iya, pasti hadiah yang dipertaruhkan harus sebanding dengan nyawa kita.

Anehnya, ini bukan hanya skenario belaka. Namun, Pendiri Oculus dan kontraktor pertahanan Palmer Luckey telah mengklaim bahwa mereka telah membuat headset VR yang mana jika avatar pemakainya mati dalam permainan, dapat meledakkan kepala pengguna dengan "modul muatan eksplosif." Sungguh mengerikan!

"Ide untuk mengikat kehidupan nyata Anda ke avatar virtual Anda selalu membuat saya terpesona - Anda langsung meningkatkan taruhannya ke tingkat maksimum dan memaksa orang untuk secara mendasar memikirkan kembali bagaimana mereka berinteraksi dengan dunia virtual dan para pemain di dalamnya," tulis Luckey dalam sebuah posting blog tentang prototipe yang mengerikan ini. "Grafis yang diperbesar mungkin membuat game terlihat lebih nyata, tetapi hanya ancaman konsekuensi serius yang dapat membuat game terasa nyata bagi Anda dan semua orang di dalam game."

"Jika Anda mati dalam permainan," tulisnya, mengutip sebuah kiasan kuno, "Anda mati dalam kehidupan nyata."

Ada banyak hal yang harus dibongkar di sini. Jika benar-benar ada orang lain yang mengklaim telah menemukan gadget seperti itu, kita mungkin tidak terlalu memikirkan mereka. Tapi Luckey bukan sembarang programmer. Dia secara luas dianggap sebagai bapak VR modern. Teknologi yang dia bangun saat ini berfungsi sebagai fondasi untuk CEO Facebook dan metaverse calon dewa Mark Zuckerberg. Menggabungkan sihir VR-nya dengan kenyataan bahwa dia sekarang membuat senjata mahal untuk mencari nafkah? Hmmm, masih perlu dikonfirmasi untuk kelanjutannya.

Lemparkan fakta bahwa dia telah vokal tentang keinginan untuk membuat sesuatu seperti ini terjadi untuk beberapa waktu sekarang, dan dia memiliki kredibilitas yang tidak biasa dalam domain khusus ini.

Setengah komponen dari perangkat ini telah ada, apakah setengahnya lagi benar-benar akan diwujudkan? Apakah Anda bernyali besar untuk memainkan game ini jika sudah tercipta? (Palmer Luckey)

Menurut blog Luckey, perangkat ini merupakan penghargaan untuk NerveGear, headset pembunuh fiksi dalam serial manga bertema VR populer "Sword Art Online," yang melelehkan otak pemakainya dengan gelombang mikro jika mereka gagal melarikan diri dari permainan virtual di mana mereka berada terjebak oleh ilmuwan gila.

"Popularitas Sword Art Online menyebabkan antusiasme otakku besar-besaran untuk Oculus, terutama di Jepang, yang dengan cepat menjadi pasar terbesar ke-2 kami," tulisnya. "Pada gilirannya, keberadaan Rift membuat Sword Art Online sendiri tampak jauh lebih masuk akal dan membumi - sebuah cerita yang telah ditulis di dunia di mana VR adalah teknologi mematikan yang sekarang langsung keluar di headline hype gamer."

Dalam apa yang mungkin merupakan penggalian lain pada upaya Mark Zuckerberg untuk membangun platformnya menjadi produk komersial yang kohesif, Luckey menyindir bahwa bagian pembunuhan perangkat sudah berfungsi, tetapi komponen VR masih perlu diperbaiki.

"Kabar baiknya adalah kita sudah setengah jalan untuk membuat NerveGear yang sebenarnya," tulisnya. "Kabar buruknya adalah sejauh ini, saya hanya menemukan setengah yang membunuh Anda. Setengah dari persamaan VR yang sempurna masih bertahun-tahun."