Kisah Mencengangkan di Balik Apollo, Dewa Musik Identik dengan Kecapi

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 23 November 2022 | 13:00 WIB
Apollo adalah dewa musik, puisi, penyembuhan, dan pengobatan Yunani. (Wikimedia)

Nationalgeographic.co.id—Apollo adalah salah satu dari 12 Olympians. 12 Olympian adalah dewa utama yang tinggal di Gunung Olympus. Apollo adalah dewa musik, puisi, penyembuhan, dan pengobatan Yunani. Dia adalah putra dewa Olympian Zeus dan dewi Titan Leto. Dia memiliki saudara kembar Artemis yang sering dia temani dalam mitosnya.

Ini adalah 5 fakta luar biasa yang mungkin tidak Anda ketahui tentang Apollo, dewa musik, puisi, penyembuhan, dan pengobatan Yunani.

Apollo Tidak Menciptakan Kecapi

Apollo sering diceritakan menemukan kecapi, alat musik yang terbuat dari senar dan kulit kura-kura, tetapi sebenarnya penipu Hermes yang menemukan alat itu.

Suatu hari, Hermes telah mencuri beberapa ternak Apollo. Ketika Apollo menemukan ternaknya hilang, dia pergi mencari mereka dan menemukan Hermes adalah orang yang mengambilnya. Hermes adalah sesama Olympian dan dewa Yunani dari banyak hal, termasuk perjalanan, tipu daya, dan pencurian.

Apollo menuntut agar Hermes mengembalikan ternaknya. Sebaliknya, Hermes mulai memainkan musik dengan kecapinya, dan Apollo tidak bisa menolak. Sebagai dewa musik Yunani, dia terpesona oleh musik dan meminta alat musik dari Hermes. Hermes setuju bahwa dia akan membiarkan Apollo memiliki kecapi jika dia bisa memelihara ternaknya sebagai imbalan. Apollo setuju dan sering terlihat digambarkan dengan kecapi atau bahkan dianggap sebagai penemu kecapi sejak saat itu.

Punya Saudara Kembar, Artemis

Apollo adalah salah satu dewa Yunani kuno, anggota dari 12 dewa Olympus. (Athens and Beyond)

Artemis adalah dewi perburuan dan hewan Yunani. Dia hanyalah salah satu dari tiga dewi perawan. Karena dia adalah dewi perburuan dan binatang Yunani, dia sering digambarkan dengan busur dan anak panah. Rekan pemburu, Orion, berteman baik dengan Artemis, dan mereka sering berburu bersama baik siang maupun malam.

Apollo khawatir saudara kembarnya tidak menepati janjinya untuk tetap murni, jadi dia memutuskan untuk menyingkirkan Orion. Apollo berbohong kepada saudara perempuannya dan mengatakan bahwa Orion adalah penjahat jahat yang baru saja datang ke kota mereka dan memperkosa salah satu sahabatnya dan dia sekarang melarikan diri dengan berenang ke laut.

  

Baca Juga: Bahkan Dewa pun Bisa Iri, Apollo Menghukum Pemusik karena Bakatnya