Menanam Pohon dapat Menurunkan Tingkat Kematian Suatu Wilayah

By Ricky Jenihansen, Rabu, 23 November 2022 | 08:00 WIB
Seorang anak menyiram pohon muda sebagai bagian dari kampanye (AA Photo)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru yang dipimpin Barcelona Institute for Global Health (ISGlobal) menemukan bahwa menanam pohon dapat menurunkan tingkat kematian suatu wilayah. Tidak hanya itu, para peneliti juga menemukan bahwa hubungan tersebut tumbuh lebih kuat seiring bertambahnya usia dan pertumbuhan pohon.

Kesimpulan tersebut mereka dapatkan berdasarkan analisis terhadap kampanye penanaman pohon selama 30 tahun di Portland, Oregon. Dalam 30 tahun terakhir, organisasi nirlaba Friends of Trees menanam pohon di sepanjang jalan Portland, Oregon.

Studi baru ini menunjukkan bahwa setiap pohon yang ditanam dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam kematian non-kecelakaan dan kardiovaskular. Masing-masing sebesar 20% dan 6%, untuk pohon yang ditanam dalam 15-30 tahun sebelumnya.

Para peneliti juga memperkirakan bahwa manfaat ekonomi tahunan dari penanaman pohon jauh melebihi biaya pemeliharaannya. Hasil studi tersebut telah diterbitkan di Environment International.

Bukti yang menunjukkan hubungan antara keterpaparan terhadap alam dan tingkat kematian yang lebih rendah semakin bertambah.

"Namun, sebagian besar penelitian menggunakan pencitraan satelit untuk memperkirakan indeks vegetasi, yang tidak membedakan berbagai jenis vegetasi dan tidak dapat secara langsung diterjemahkan ke dalam intervensi yang nyata," kata Payam Dadvand, peneliti Barcelona Institute for Global Health (ISGlobal) dan penulis senior studi tersebut.

Oleh karena itu, penulis mengambil keuntungan dari eksperimen alami yang terjadi di kota Portland: antara tahun 1990 dan 2019, Friends of Trees menanam 49.246 pohon jalanan (dan mencatat di mana pohon ditanam, dan kapan).

Jadi, tim peneliti melihat jumlah pohon yang ditanam di suatu daerah (khususnya, jalur sensus, di mana sekitar 4.000 orang tinggal) dalam 5, 10 atau 15 tahun sebelumnya.

Mereka mengaitkan informasi ini dengan kematian akibat penyakit kardiovaskular, pernapasan, atau non-kecelakaan di area yang sama, menggunakan data dari Otoritas Kesehatan Oregon.

Ilustrasi menanam pohon. (Getty Images)

Hasilnya menunjukkan bahwa di lingkungan tempat lebih banyak pohon ditanam, angka kematian (kematian per 100.000 orang) lebih rendah.

Hubungan negatif ini signifikan untuk mortalitas kardiovaskular dan non-kecelakaan (yaitu, semua penyebab tidak termasuk kecelakaan), terutama untuk pria dan orang berusia di atas 65 tahun.