Aphrodite-Ares Terciduk Selingkuh di Ranjang, Buat Gempar Dewa Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 24 November 2022 | 11:00 WIB
Aphrodite dan Ares. (Wikimedia )

Nationalgeographic.co.id—Aphrodite adalah dewi cinta dan kecantikan Yunani. Dia menikah dengan Hephaestus, dewa pandai besi Yunani, tetapi memiliki hubungan yang sangat intim dan kompleks dengan Ares, dewa perang Yunani. Aphrodite juga menjadi salah satu dari 12 Olympians. Kisah cintanya yang begitu rumit sungguh menarik perhatian. Berikut beberapa fakta tentang dewi cinta dan kecantikan Yunani, Aphrodite.

Aphrodite Menikah dengan Hephaestus

Aphrodite terkenal karena kecantikannya yang mempesona. Namun, akibat hal itu Zeus dewa langit Yunani dan raja para dewa takut kecantikan Aphrodite akan menyebabkan perang di antara para dewa. Suami Hera tersebut takut para dewa Yunani akan bertarung satu sama lain untuk memenangkan cinta Aphrodite sehingga menimbulkan perang yang tak dapat terselesaikan.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Zeus memerintahkan Aphrodite untuk menikahi Hephaestus. Hephaestus memiliki tempat yang menonjol di Gunung Olympus tempat tinggal para Olympian. Hephaestus adalah dewa pandai besi, keahlian, dan pengerjaan logam Yunani.

Hephaestus membuat semua senjata dan baju besi untuk Gunung Olympus. Sementara itu, Hephaestus secara positif dikenal karena keahliannya yang berkualitas. Namun sisi negatifnya, penampilan Hephaestus dianggap tidak menarik.

Inilah mengapa Zeus memilih Aphrodite untuk menikahi Hephaestus. Tidak hanya Hephaestus tidak menarik, tetapi dia juga tidak menjadi ancaman bagi Zeus. Ini membuat pernikahan Aphrodite dengan Hephaestus menjadi keputusan yang aman, meskipun ada pihak yang merasa terpaksa. 

Perselingkuhan Aphrodite dan Ares

Aphrodite dan Ares terciduk berduaan di atas ranjang suaminya sendiri, Hephaestus. (Wikimedia)

Meskipun Aphrodite menikah dengan Hephaestus, dia tidak mencintainya. Perjodohan oleh Zeus lah yang membuatnya menerima Hephaestus. Ares adalah cinta sejatinya.

Ares adalah dewa perang Yunani. Dia ditakuti di antara orang Yunani dan salah satu dewa yang kurang dihormati. Dia cepat marah, sering membuat keputusan gegabah tanpa memikirkannya secara matang atau memikirkan konsekuensinya.

Di lain sisi, Helios, dewa matahari Yunani, juga maha melihat. Apa pun yang dilakukan selama jam-jam sinar matahari dapat dilihat oleh Helios.

Termasuk ketika suatu hari, Helios menyaksikan Ares dan Aphrodite sedang berduaan. Mengetahui hal tersebut, dia pergi untuk memberi tahu Hephaestus.