Konsumsi 30 Gram Almond Setiap Hari Dapat Menurunkan Berat Badan

By Ricky Jenihansen, Kamis, 24 November 2022 | 07:00 WIB
mengonsumsi almond dapat menurunkan berat badan. (Prevention)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru yang dipimpin para ilmuwan University of South Australia menemukan kabar baik para pejuang diet. Menurut mereka mengonsumsi almond dapat menurunkan berat badan dan mengatasi kegemukan. Konsumsi sekitar 30-50 gram almond dapat membantu orang mengurangi jumlah kalori yang mereka konsumsi setiap hari.

Laporan penelitian mereka telah diterbitkan di European Journal of Nutrition belum lama ini dan merupakan jurnal akses terbuka. Makalah tersebut bisa didapatkan secara daring dengan judul "Acute feeding with almonds compared to a carbohydrate-based snack improves appetite-regulating hormones with no effect on self-reported appetite sensations: a randomised controlled trial."

Dijelaskan, tingginya prevalensi kelebihan berat badan dan obesitas merupakan masalah kesehatan masyarakat yang utama. Obesitas ditandai dengan kelebihan lemak tubuh yang mengganggu kesehatan dan kesejahteraan fisik dan psikososial.

Pengaturan berat badan jangka panjang dikendalikan dengan menyeimbangkan asupan energi dengan pengeluaran energi.

Memahami peran makanan tertentu dan dampaknya terhadap asupan energi dapat membantu mempromosikan penurunan berat badan dan pemeliharaan penurunan berat badan bagi penderita obesitas.

Studi epidemiologi telah memberikan bukti bahwa konsumsi kacang secara teratur dapat mengurangi risiko obesitas. Meskipun kacang padat energi, memasukkannya ke dalam makanan belum terbukti meningkatkan berat badan.

Sebuah meta-analisis baru-baru ini melaporkan tidak ada peningkatan berat badan dengan diet yang memasukkan kacang-kacangan dibandingkan dengan diet bebas kacang, tetapi melaporkan pengurangan lingkar pinggang dengan konsumsi almond.

Almond tinggi protein, serat, dan asam lemak tak jenuh dapat berkontribusi pada sifat mengenyangkan. (Thinkstock)

Dalam meta-analisis terbaru lainnya, asupan kacang yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan berat badan dan lemak tubuh.

Dalam studi baru, peneliti Universitas South Australia Sharayah Carter dan rekannya bertujuan untuk membandingkan efek makan almond atau camilan berbasis karbohidrat pada hormon pengatur nafsu makan, penilaian nafsu makan yang dilaporkan sendiri, dan asupan energi jangka pendek.

Mereka berhipotesis bahwa almond akan memiliki efek menguntungkan pada hormon pengatur nafsu makan dan penilaian nafsu makan yang dilaporkan sendiri, mengurangi asupan energi selanjutnya dibandingkan dengan camilan berbasis karbohidrat, dan dengan demikian memberikan wawasan tentang hubungan konsumsi kacang dengan penurunan risiko obesitas.

"Tingkat kelebihan berat badan dan obesitas adalah masalah kesehatan masyarakat yang utama dan mengatur nafsu makan melalui respons hormonal yang lebih baik mungkin menjadi kunci untuk mempromosikan manajemen berat badan," Carter menjelaskan.