Bikin Heboh, 8.000 Koin Abad Pertengahan Ditemukan di Skotlandia

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 26 November 2022 | 07:00 WIB
Detektor logam telah menemukan timbunan koin abad pertengahan, seperti koin Edward I ini. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id – Ribuan koin yang berasal dari abad ke-13 dan ke-14 telah ditemukan detektor logam di Skotlandia. Dijuluki timbunan Dunscore, penemuan menakjubkan ini adalah timbunan koin abad pertengahan terbesar yang pernah ditemukan di Skotlandia dalam dua abad terakhir.

Timbunan koin abad pertengahan ditemukan di dekat desa Dunscore Skotlandia yang indah, dekat kota Dumfries di pantai barat daya Skotlandia. Terdiri dari koin perak Skotlandia, Irlandia, Inggris, dan kontinental, Catatan Harian Skotlandia melaporkan bahwa mayoritas dari 8.407 koin adalah koin Edward I dan II.

Raja Inggris Edward I, juga dikenal sebagai Hammer of the Scots karena kampanye militernya melawan Skotlandia, digantikan oleh Edward II dan Edward III. Akibatnya, semua uang Inggris sejak masa pemerintahan mereka memakai nama Edward, dan desain dasarnya sama.

Menurut sebuah artikel di UK Detector Finds Database (UKDFD), pembuatan koin ulang yang dimulai pada tahun ketujuh pemerintahan Edward I membentuk format desain koin Inggris yang bertahan selama lebih dari dua ratus tahun. Ini berarti pekerjaan untuk mengidentifikasi masing-masing koin akan menjadi sangat rumit dan akan memakan waktu lama.

Namun, sebelum penyelesaian analisis formal apa pun, Unit Harta Karun Skotlandia yang berurusan dengan semua temuan publik tentang artefak bersejarah dan timbunan harta karun mengonfirmasi bahwa ini adalah salah satu timbunan koin abad pertengahan terbesar yang ditemukan di Skotlandia sejak abad ke-19.

Ketika ahli pendeteksi logam melaporkan penemuan koin abad pertengahan mereka, lokasi tersebut dengan cepat digali oleh tim arkeolog dari Unit Harta Karun Skotlandia bersama dengan arkeolog Museum Nasional Skotlandia. Colin Mitchell dari Pusat Peninggalan Dunscore mengatakan bahwa koin-koin tersebut adalah penemuan yang benar-benar menakjubkan.

Satu sen Edward I 1279 hingga 1305 di sebelah koin 5 pence Elizabeth II 2020. Koin abad pertengahan yang digali oleh pendeteksi logam termasuk koin seperti ini. (Tim O'Doherty)

Pada saat Kerajaan benar-benar menggunakan klaimnya atas koin abad pertengahan, penemuan itu akan menjadi harta nasional yang terdaftar. Jika itu terjadi, penghargaan ex gratia (artinya biaya penemu) akan diberikan kepada ahli pendeteksi logam dan pemilik tanah.

Sebelumnya, pada tahun 2014, telah ditemukan logam di Dumfries dan Galloway dan menjadi salah satu koleksi paling signifikan dari benda-benda Zaman Viking yang pernah ditemukan di Inggris.

 Baca Juga: Harta Karun Koin Emas Rp4,3 Miliar Ditemukan di Bawah Lantai Dapur

 Baca Juga: Selidik Tumpukan Koin Emas Romawi Kuno di Lahan Pertanian di Inggris

 Baca Juga: Seekor Luwak Tak Sengaja Menggali Harta Koin Romawi di Spanyol