Ikan Raksasa Ini Ingatkan Kita untuk Tidak Buang Ikan Mas ke Alam Liar

By Utomo Priyambodo, Kamis, 24 November 2022 | 13:00 WIB
The Carrot, ikan mas hibrida raksasa yang ditemukan di Prancis. (BlueWater Lakes)

 

Nationalgeographic.co.id—Seekor ikan mas raksasa telah ditangkap di Champagne, Prancis. Seorang pemancing menyeret spesimen ikan seberat 30 kilogram itu dari telaga milik BlueWater Lakes, sebuah perusahaan perikanan ikan mas.

Perusahaan melepaskan ikan raksasa yang dikenal sebagai The Carrot itu 20 tahun yang lalu. Sejak saat itu ikan tersebut berkembang menjadi salah satu ikan mas yang terbesar di dunia.

Ada banyak ras ikan mas. Namun, sebagai aturan umum, mereka adalah jenis ikan peliharaan yang kuat dan berwarna emas.

Ada banyak nama yang aneh untuk jenis ikan masa, seperti ikan mas koki mata langit. Dan terkadang, ikan-ikan ini dihibridisasi atau dikawinkan silang dengan ikan lain seperti koi, seperti yang terjadi pada The Carrot.

Selama 20 tahun berkeliaran di telaga, berat The Carrot telah tumbuh hingga lebih dari 30 kilogram, yang hampir sama dengan rata-rata berat badan anak berusia 10 tahun. Andy Hackett dari Worcestershire, Inggris, butuh waktu selama 25 menit untuk menarik hibrida ikan mas-koi ini sebelum mengambil beberapa foto dan melepaskannya.

The Carrot adalah ikan hasil kawin silang antara ikan mas dan koi. (BlueWater Lakes)

Bagaimana ikan mas menjadi begitu besar?

Ukuran The Carrot yang sangat besar berfungsi sebagai pengingat untuk tidak melepaskan hewan peliharaan Anda ke alam liar. Sebab, sebagai ikan yang kuat, jenis ikan mas tertentu dapat tumbuh hingga ukuran yang sangat besar.

Ikan mas raksasa telah dilaporkan sebagai masalah di beberapa wilayah di Amerika. Ikan-ikan mas besar tersebut telah mengganggu lapisan lumpur dan merobek tanaman, dan pihak berwenang yakin para pemilik hewan peliharaan terlibat dalam kesalahan ini.

Baca Juga: Ilmuwan Jelaskan Kenapa Ikan Mas di Minnesota Bisa Tumbuh Raksasa

Baca Juga: Dunia Hewan: Ikan Mas Punya Kemampuan Mengatur Jarak Berenang Mereka

Baca Juga: Ikan Mas yang Dibuang ke Danau Tumbuh Raksasa dan Jadi Malapetaka