Dunia Hewan: Laguna Mesir Ini Teramat Sangat Penting bagi Penyu Siprus

By Wawan Setiawan, Minggu, 27 November 2022 | 08:00 WIB
Penyu hijau dewasa dari pantai bertelur Karpaz. Penyu hijau adalah salah satu spesies terancam di dunia hewan. (Finlay Pitt)

Nationalgeographic.co.id - Jumlah penyu hijau yang berkembang biak di Siprus telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Akan tetapi kondisi ini sangat bergantung pada laguna Mesir, tempat banyak penyu mencari makan. Pernyataan tersebut menurut hasil penelitian terbaru dunia hewan.

Penyu hijau (Chelonia mydas), spesies yang terancam punah. Ia menghabiskan sebagian besar hidupnya mencari makan di satu area, tetapi mereka kembali ke pantai tempat mereka menetas untuk bertelur.

Studi baru telah dilakukan oleh University of Exeter dan Society for the Protection of Turtles (SPOT). Mereka menandai dan melacak betina yang bertelur di penangkaran utama (pantai berkembang biak) di Siprus, dan menemukan 74% di Danau Bardawil di Mesir.

SPOT didirikan pada akhir 1980-an oleh ekspatriat Inggris Ian dan Celia Bell dan dermawan lokal Kutlay Keço. Pada tahun 1988 sebuah studi lapangan pendahuluan menemukan bahwa bertelurnya penyu hijau dan penyu tempayan menjadi signifikan. SPOT menghubungi Universitas Glasgow dan pada tahun 1992 tim ekspedisi sukarelawan melakukan survei menyeluruh. Atas dasar ekspedisi ini, Kutlay berkomitmen untuk menyediakan akomodasi sukarelawan di Alagadi yang masih digunakan selama 25 tahun oleh Marine Turtle Conservation Project (MTCP). MTCP berlanjut sebagai kolaborasi antara SPOT, Kelompok Penelitian Penyu Laut Universitas Exeter, dan Departemen Perlindungan Lingkungan Siprus Utara.

Studi tersebut menemukan bahwa jumlah sarang meningkat hampir tiga kali lipat sejak awal 1990-an. Namun ketergantungan pada beberapa tempat mencari makan, terutama Danau Bardawil, membuat populasi penyu rentan jika kondisi di sana berubah.

Hasil studi ini telah dipublikasikan di jurnal Global Ecology and Conservation pada 18 November 2022 dengan judul makalah “Mediterranean green turtle population recovery increasingly depends on Lake Bardawil, Egypt.”

Studi baru dunia hewan memantau sarang penyu di pantai. Angka dalam tanda kurung menunjukkan jumlah penerapan PPT per pantai atau rentang pantai. Angka di luar kurung adalah nomor pantai yang digunakan oleh Kasparek et al. (2001) dan di seluruh manuskrip untuk mengidentifikasi individu pantai. Habitat antar-sarang yang digunakan oleh delapan belas satelit penyu hijau dilacak dari Semenanjung Karpaz, direpresentasikan sebagai 25% (merah), 50% (oranye), dan 95% (kuning) habitat inti. Inset kotak menunjukkan lokasi di Siprus. (Global Ecology and Conservation (2022). DOI: 10.1016/j.gecco.2022.e02336)

"Sejak sekitar 2010, pelacakan penyu dari Siprus menunjukkan peningkatan besar dalam jumlah yang mencari makan di Danau Bardawil," kata Dr. Robin Snape, dari Pusat Ekologi dan Konservasi di Kampus Penryn Exeter di Cornwall. “Pada saat yang sama, jumlah kura-kura dewasa yang mencari makan di sekitar Siprus dan Turki telah menurun—kemungkinan karena tingginya tangkapan sampingan (tangkapan tidak sengaja) kura-kura dalam perikanan di sana.”

"Peningkatan keseluruhan jumlah sarang tampaknya didorong oleh perlindungan tempat bersarang di Siprus dan kondisi di Danau Bardawil,” tambah Snape. "Kemungkinan danau akan mencapai kapasitasnya, dan pada saat itu populasi penyu hijau bisa berhenti bertambah."

 Baca Juga: Dunia Hewan: Hampir Setiap Penyu di Florida Kini Terlahir Betina

 Baca Juga: Populasi Penyu Hijau Meledak Setelah Sekitar Lima Dekade Konservasi

 Baca Juga: Keindahan Migrasi Puluhan Ribu Penyu yang Tertangkap Kamera Drone