Lewat Gerakan Menuju Smart City 2022, Kota Payakumbuh Rilis Berbagai Inovasi  

By Fathia Yasmine, Jumat, 25 November 2022 | 21:05 WIB
Kantor Balaikota Payakumbuh. ()

Nationalgeographic.co.id - Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) kembali dilanjutkan pada 2022. Pada tahun ini, Gerakan Menuju Smart City melibatkan 50 kota/kabupaten yang tersebar di seluruh negeri.

Salah satunya adalah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Sebagai informasi, Gerakan Menuju Smart City merupakan program pendampingan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bagi pemerintah kota/kabupaten dalam menyusun rencana induk pembangunan berbasis smart city.

Ada banyak inovasi yang dilakukan Kota Payakumbuh untuk menjadi kota cerdas, salah satunya adalah aplikasi MY KOPAY.

Lewat aplikasi ini, masyarakat Kota Payakumbuh dapat mengetahui informasi terkini seputar Kota Payakumbuh, mulai dari aktivitas pemerintah Payakumbuh, kontak dan produk UMKM,  lowongan kerja, hingga event yang dapat diikuti masyarakat 

Pengembangan aplikasi MY KOPAY juga dilakukan dengan menggandeng pemerintah provinsi, pemerintah pusat, serta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Rencananya, MY KOPAY juga akan diintegrasikan dengan aplikasi layanan publik yang telah dimiliki Pemkot Payakumbuh.

Tak hanya itu, Pemkot Payakumbuh juga melakukan inovasi untuk meningkatkan citra kota (smart branding) lewat gelaran Festival Kebudayaan City of Randang atau Terkesima.

Festival yang direncanakan berlangsung pada Desember 2022 ini akan hadir dengan sejumlah rangkaian acara, termasuk festival memasak rendang untuk menjaga warisan budaya tak benda. 

Sejalan dengan program pemerintah pusat dalam mendukung akselerasi dan optimalisasi produk UMKM, Pemkot Payakumbuh menghadirkan inovasi Bang Soleh untuk memenuhi pilar smart economy. 

Untuk menyukseskan Bang Soleh, Pemkot Payakumbuh bekerja sama dengan pemilik UMKM, jasa ekspedisi, serta toko retail besar di wilayah mereka.

Pemerintah kota juga ikut berpartisipasi sebagai fasilitator sekaligus penanggung jawab aktivitas pemasaran.