Flossie Jadi Kucing Tertua Sedunia, Umurnya Setara Manusia 120 Tahun

By Utomo Priyambodo, Senin, 28 November 2022 | 17:16 WIB
Flossie, kucing tertua di dunia. (Cats Protection / Guinness World Records)

Nationalgeographic.co.id—Rekor di Guinness World Records tidak hanya terkait manusia. Baru-baru ini Guinness World Records telah mengumumkan pemecah rekor baru, yakni seekor kucing dari London bernama Flossie.

Lembaga penetap dan pencatat rekor tersebut menobatkan Flossie sebagai kucing tertua di dunia. Pada 10 November 2022, Flossie berusia 26 tahun 316 hari. Umurnya ini menjadikannya kucing yang setara dengan manusia berusia 120 tahun.

“Kami tercengang ketika catatan dokter hewan menunjukkan Flossie hampir berusia 27 tahun,” ujar Naomi Rosling, Koordinator Cabang Cats Protection, seperti dikutip dari IFL Science.

“Dia kucing tertua yang pernah saya temui; setidaknya 120 tahun dalam umur manusia. Jika saya dalam kondisi yang baik ketika saya seusianya, dengan seseorang yang melakukan yang terbaik untuk saya ketika saya sangat membutuhkannya, saya akan menjadi wanita yang sangat bahagia.”

Kisah panjang bagaimana rekor ini dipegang Flossie dimulai ketika dia diadopsi sebagai kucil hilang ke dalam sebuah keluarga pada tahun 1995. Pemilik aslinya meninggal setelah 10 tahun bersama, setelah itu Flossie tinggal bersama saudara perempuan pemiliknya, tetapi dia juga meninggal 14 tahun kemudian.

Akhirnya, muncul situasi di mana Flossie perlu dibawa oleh badan amal Cats Protection. Sejak saat itu Flossie seolah telah menemukan rumah baru, terutama dengan perawatan Vicki Green dari Orpington, Inggris, di badan amal tersebut.

Baca Juga: Dunia Hewan: Misteri Venus si Kucing Bermuka Dua, Apakah Chimera?

Baca Juga: Dunia Hewan: Kenapa Kucing Tega Memakan Anak-anaknya Sendiri?

Baca Juga: Dunia Hewan: Mengapa Kucing Tidak Suka Dibelai Bagian Perutnya? 

“Saya tahu sejak awal bahwa Flossie adalah kucing yang istimewa, tetapi saya tidak membayangkan akan berbagi rumah dengan pemegang gelar Rekor Dunia Guinness,” kata Green.

"Dia (Flossie) sangat penyayang dan menyenangkan, dan juga termasuk segar ketika Anda ingat berapa umurnya."

Sebagai otoritas global dalam pemecahan rekor, Guinness World Records telah menganugerahi Flossie dengan gelar "Kucing Tertua di Dunia". Kucing itu mungkin sudah tuli, dan agak sulit melihat, tetapi Flossie dilaporkan sebagai kucing yang bahagia dengan nafsu makan yang rakus dan selimut kuning favorit.