Daspletosaurus horneri, Spesies Baru Tyrannosaurus Nenek Moyang T. Rex

By Ricky Jenihansen, Selasa, 29 November 2022 | 08:00 WIB
Empat tyrannosaurus mempersengketakan kepemilikan bangkai baru Centrosaurus. (Rudolf Hima / Badlands Dinosaur Museum)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontologi telah mengidentifikasi spesies baru Tyrannosaurus yang dinamakan Daspletosaurus wilsoni. Spesies baru Tyrannosaurus ini mengisi celah silsilah menuju Tyrannosaurus rex.

Daspletosaurus wilsoni merupakan dinosaurus tyrannosaurid yang hidup 76,5 juta tahun yang lalu di tempat yang sekarang disebut Montana, Amerika Serikat. Laporan penemuan tersebut telah diterbitkan di jurnal PeerJ baru-baru ini.

Temuan ini menampilkan kombinasi unik dari leluhur dan karakteristik turunan, dan mewakili tahap transisi yang menghubungkan Daspletosaurus torosus leluhur dengan Daspletosaurus horneri dalam garis keturunan evolusi yang berkembang dari 77 hingga 75 juta tahun yang lalu.

Daspletosaurus wilsoni menjelajahi planet kita selama zaman Kapur Akhir, sekitar 76,5 juta tahun yang lalu. Sisa-sisa fosil hewan purba itu ditemukan di Formasi Sungai Judith dekat Glasgow di Montana, Amerika Serikat.

Daspletosaurus wilsoni termasuk dalam keluarga Tyrannosauridae, keluarga dinosaurus predator bertubuh besar yang mencakup Tyrannosaurus rex yang terkenal.

Tyrannosaurid dicirikan oleh tengkorak besar, gigi tebal, dan kaki depan pendek. Mereka telah dikenal dari Amerika Utara dan Asia selama lebih dari seabad, namun banyak rincian sejarah evolusi mereka masih belum jelas.

"Sejak 1990-an, perdebatan telah melingkupi Daspletosaurus, spesies tyrannosaurid besar yang dikenal dari Montana dan Alberta, yang telah diusulkan sebagai nenek moyang Tyrannosaurus rex itu sendiri," kata peneliti Montana State University Elías Warshaw dan kurator Badlands Dinosaur Museum Denver Fowler dalam sebuah penyataan.

Daspletosaurus wilsoni dikenali dari susunan unik tanduk kecil di sekitar mata. (Andrey Atuchin / Badlands Dinosaur Museum.)

"Merekonstruksi hubungan evolusi Daspletosaurus telah terhambat oleh kelangkaan spesimen yang baik, dan banyak ahli paleontologi tidak setuju apakah tyrannosaurid ini mewakili satu garis keturunan yang berkembang di tempat, atau beberapa spesies yang berkerabat dekat yang tidak turun dari satu sama lain."

Daspletosaurus wilsoni menampilkan campuran ciri-ciri yang ditemukan pada tyrannosaurus yang lebih primitif dari bebatuan yang lebih tua. Seperti seperangkat tanduk yang menonjol di sekitar mata, serta ciri-ciri yang diketahui dari anggota selanjutnya dari kelompok ini (termasuk Tyrannosaurus rex), seperti rongga mata yang tinggi dan kantong udara di tengkorak.

"Dengan cara ini, spesies baru adalah 'titik setengah jalan' atau 'mata rantai yang hilang' antara spesies tyrannosaurus yang lebih tua dan lebih muda," kata peneliti.

Maksila kiri (rahang atas) Daspletosaurus wilsoni. (Warshaw & Fowler)