Kisah Raja Midas, Punya Sentuhan Maut Bisa Merubah Jadi Emas

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 1 Desember 2022 | 10:00 WIB
Midas adalah seorang raja dalam mitologi Yunani kuno yang bisa mengubah apapun yang disentuhnya menjadi emas (Deviantart)

 

Nationalgeographic.co.id—Midas adalah seorang raja dalam mitologi Yunani kuno yang bisa mengubah apapun yang disentuhnya menjadi emas. Raja Midas menerima hadiah untuk mengubah segalanya menjadi emas dari dewa Yunani Dionysus. Dionysus memiliki seorang mentor bernama Silenus, yang tersesat dan dibawa ke Raja Midas untuk perlindungan dan perlindungan.

Raja Midas memberi makan dan menjamu Silenus selama sepuluh hari di kerajaannya. Raja Midas mengenali Silenus sebagai mentor Dionysus, sehingga pada hari ke-11, Raja Midas mengembalikan Silenus ke Dionysus.

Demi kepulangan Silenus yang aman, Dionysus menawari Raja Midas pilihan apa pun yang diinginkannya. Raja Midas meminta agar semua yang disentuhnya berubah menjadi emas.

Dionysus mengabulkan permintaan ini, dan Raja Midas menguji permintaannya. Raja Midas menyentuh batu, ranting, mahkotanya, dan tempat tidurnya, yang semuanya berubah menjadi emas. Dia melanjutkan perjalanannya ke taman mawar di mana dia menyentuh setiap mawar di taman dan mengubahnya menjadi emas. Itu adalah hadiah terbaik yang pernah dia minta.

Hadiah Berubah Menjadi Kutukan

Saat Raja Midas menikmati hadiah barunya, tidak semua orang senang dengan itu. Ini termasuk putrinya Marigold.

Marigold tidak suka bunga-bunga di taman mawar telah kehilangan keharumannya karena sekarang berwarna emas. Raja Midas pergi menghibur putrinya dengan memeluknya. Secara tidak sengaja, Raja Midas mengubah putrinya menjadi emas dan tidak dapat mengembalikannya.

Raja Midas mulai berdoa kepada Dionysus agar dia membalikkan keinginan itu. Keinginannya sekarang telah berubah menjadi kutukan. Dionysus memberi tahu Raja Midas bahwa dia harus mengunjungi sungai Pactolus untuk membasuh dirinya dari kutukan. Raja Midas melakukan apa yang diperintahkan dan mandi di sungai.

Ketika Raja Midas kembali ke rumah, Marigold kini telah kembali ke dirinya yang normal. Raja Midas berlari ke arah Marigold dan memeluknya. Sementara Raja Midas berpikir bahwa emas adalah hal yang paling berharga dan berharga dalam hidup, dia segera mengetahui bahwa putrinyalah yang lebih berharga daripada semua emas di dunia.

Raja Midas Mengajarkan bahwa Keluarga Lebih Berarti dari Emas

Ketika mitologi Yunani berkembang, kisah Raja Midas mulai memasukkan catatan bahwa dia memiliki seorang putri bernama Marigold, yang secara tidak sengaja dia ubah menjadi emas.

Beberapa versi Raja Midas mengetahui bahwa restunya untuk mengubah segalanya menjadi emas sebenarnya adalah kutukan yang menggambarkan Raja Midas tidak dapat makan atau minum karena makanan dan minumannya akan berubah menjadi emas sebelum dia dapat mengkonsumsinya.