Perburuan Lubang Hitam Supermasif Terdekat Kedua Menemukan Kandidat

By Wawan Setiawan, Minggu, 4 Desember 2022 | 16:16 WIB
Galaksi pendamping Bimasakti ultra-redup Leo I muncul sebagai tambalan redup di sebelah kanan bintang terang, Regulus. (Scott Anttila Anttler)

Nationalgeographic.co.id - Dua ahli astrofisika di Pusat Astrofisika | Harvard & Smithsonian telah memungkinkan cara untuk mengamati apa yang bisa menjadi lubang hitam supermasif terdekat kedua ke Bumi. Itu bisa menjadi raksasa tiga juta kali massa Matahari, yang diinangi oleh galaksi kerdil Leo I.

Lubang hitam supermasif, berlabel Leo I*, pertama kali diusulkan oleh tim astronom independen pada akhir 2021. Tim tersebut melihat bintang-bintang bertambah cepat saat mereka mendekati pusat galaksi—bukti adanya lubang hitam—tetapi untuk secara langsung mencitrakan emisi dari lubang hitam itu tidaklah mungkin.

Kini, astrofisikawan CfA Fabio Pacucci dan Avi Loeb menyarankan cara baru untuk memverifikasi keberadaan lubang hitam supermasif tersebut. Pekerjaan mereka ini telah dijelaskan secara rinci dalam sebuah makalah penelitian yang diterbitkan di Astrophysical Journal Letters dengan judul “Accretion from Winds of Red Giant Branch Stars May Reveal the Supermassive Black Hole in Leo I.”

"Lubang hitam adalah objek yang sangat sulit dipahami, dan terkadang mereka senang bermain petak umpet dengan kita," kata Fabio Pacucci, penulis utama studi ApJ Letters. “Sinar cahaya tidak dapat keluar dari cakrawala peristiwa mereka. Akan tetapi lingkungan di sekitar mereka bisa menjadi sangat terang—jika cukup banyak materi yang masuk ke dalam sumur gravitasi mereka. Akan tetapi jika sebuah lubang hitam tidak menghasilkan massa, sebaliknya, ia tidak memancarkan cahaya dan menjadi tidak mungkin untuk ditemukan dengan teleskop kita."

Ini adalah tantangan dengan Leo I, yaitu sebuah galaksi kerdil yang tidak memiliki gas yang tersedia untuk mengakresi sehingga sering digambarkan sebagai "fosil". Jadi, akankah kita melepaskan harapan untuk mengamatinya? Mungkin tidak, kata para astronom.

"Dalam penelitian kami, kami menyarankan bahwa sejumlah kecil massa yang hilang dari bintang yang berkeliaran di sekitar lubang hitam dapat memberikan tingkat pertambahan yang diperlukan untuk mengamatinya," jelas Pacucci. "Bintang tua menjadi sangat besar dan merah—kami menyebutnya bintang raksasa merah. Raksasa merah ini biasanya memiliki angin kencang yang membawa sebagian kecil dari massanya ke lingkungan. Ruang di sekitar Leo I* tampaknya mengandung cukup banyak bintang purba ini untuk membuat itu dapat diamati."

Lubang hitam terdekat dengan Bumi yang pernah ditemukan hanya berjarak 1500 tahun cahaya. Lubang hitam tak terlihat tersebut ditandai di tengah gambar ini dengan titik biru. (PanSTARRS/El-Badry et al)

"Mengamati Leo I* bisa menjadi terobosan," kata Avi Loeb, anggota tim penulis studi tersebut. "Itu akan menjadi lubang hitam supermasif terdekat kedua setelah yang ada di pusat galaksi kita. Dengan massa yang sangat mirip tetapi ditampung oleh galaksi yang seribu kali lebih kecil dari Bimasakti. Fakta ini menantang semua yang kita ketahui tentang bagaimana galaksi dan lubang hitam supermasif pusatnya berevolusi bersama. Menimbulkan pertanyaan, bagaimana bayi sebesar itu bisa lahir dari orang tua yang kurus?"

Studi selama beberapa dekade menunjukkan bahwa sebagian besar galaksi masif memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya, dan massa lubang hitam tersebut adalah sepersepuluh persen dari total massa bola bintang yang mengelilinginya.

Baca Juga: Pecah Rekor, Sebuah Lubang Hitam Terdekat dengan Bumi Ditemukan

Baca Juga: Perburuan Lubang Cacing, Bagaimana Ilmuwan Cari Terowongan Ruang-Waktu

Baca Juga: Ada Lubang Hitam di Galaksi Kerdil yang Luput dari Pengamatan Kita