Dunia Hewan: Cheetah Menandai Pohon dengan Aroma Urin untuk Komunikasi

By Wawan Setiawan, Senin, 5 Desember 2022 | 08:00 WIB
Dua cheetah jantan di pohon penanda aroma. Studi baru dunia hewan menemukan bahwa menandai pohon adalah titik komunikasi penting bagi cheetah dan spesies lainnya. (Leibniz Institute for Zoo and Wildlife Research)

Nationalgeographic.co.id—Menandai pohon adalah titik komunikasi penting bagi cheetah di dunia hewan. Di sini mereka bertukar informasi dengan dan tentang cheetah lain melalui tanda aroma, urin, dan kotoran.

Sebuah tim dari Proyek Penelitian Cheetah di Institut Penelitian Kebun Binatang dan Margasatwa Leibniz (Leibniz-IZW) sekarang menunjukkan bahwa beberapa spesies mamalia di lahan pertanian di Namibia memelihara jaringan untuk komunikasi intra dan interspesifik pada hotspot pohon cheetah.

Serigala punggung hitam, kucing liar Afrika, dan babi hutan mengunjungi dan mengendus "tempat tujuan" cheetah lebih sering daripada pohon kontrol. Tim menyimpulkan dari foto dan video yang direkam oleh perangkap kamera satwa liar dalam sebuah makalah yang diterbitkan di jurnal ilmiah Mammalian Biology. Namun, spesies mangsa cheetah yang umum justru menghindari hotspot ini.

Banyak spesies mamalia menggunakan tanda bau, urin, atau kotoran untuk berkomunikasi satu sama lain. Dengan melakukan itu, hewan pergi, menerima dan bertukar informasi tentang kepemilikan wilayah, penerimaan reproduksi, status kesehatan atau diet. Apakah dan bagaimana komunikasi penciuman seperti itu juga digunakan oleh spesies lain selain yang menempatkan informasi tersebut tidak dipahami dengan baik.

Para ilmuwan dari Proyek Penelitian Cheetah Leibniz-IZW sekarang mengamati sembilan pohon penanda cheetah dan sembilan pohon kontrol yang tampak serupa di lahan pertanian di Namibia dengan kamera jebakan satwa liar. Mereka menemukan bahwa beberapa spesies mengunjungi dan mengendus pohon penanda cheetah lebih sering daripada pohon kontrol. Ini menunjukkan bahwa mereka mendapatkan informasi penting dari tanda cheetah. Spesies lain bertukar informasi pada frekuensi yang sama di pohon penanda cheetah dan pohon kontrol. Ini menunjukkan bahwa mereka menggunakan pohon yang menonjol untuk komunikasi mereka sendiri. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa mamalia di lahan pertanian Namibia memelihara jaringan komunikasi di dalam dan di antara spesies.

Selama periode survei 65 hari, 29 spesies mamalia mengunjungi tanda cheetah dan pohon kontrol. Ada keragaman spesies yang lebih tinggi di pohon penanda cheetah daripada pohon kontrol, tetapi sebagian besar spesies mengunjungi pohon hanya beberapa kali. Untuk analisis, hanya spesies yang mengunjungi, mengendus, atau menandai pohon setidaknya 20 kali yang dimasukkan. Dalam subset ini, 13 spesies mengunjungi, 9 spesies mengendus dan 1 spesies meninggalkan informasi di penandaan cheetah dan pohon kontrol.

Dengan kucing liar Afrika (Felis lybica lybica), serigala punggung hitam (Lupulella mesomelas), dan babi hutan (Phacochoerus africanus), dua spesies karnivora kecil dan satu omnivora jarang dimangsa oleh cheetah yang mengunjungi dan mengendus pohon penanda cheetah lebih sering daripada pohon kontrol.

Beberapa foto kamera satwa liar yang ditempatkan oleh peneliti dunia hewan. Tampak berbagai spesies mengunjungi pohon penanda cheetah di Namibia. (Cheetah Research Project team)

"Spesies karnivora kecil mungkin mengunjungi pohon penanda cheetah untuk menilai kapan terakhir kali cheetah mengunjungi daerah tersebut dan/atau untuk memakan sisa-sisa mangsa yang tidak tercerna di kotoran cheetah," kata Dr Sarah Edwards, penulis pertama makalah tersebut. "Warthog di sisi lain adalah omnivora dan pemakan bangkai oportunistik, jadi mereka mungkin juga memakan sisa-sisa mangsa yang tidak tercerna di kotoran cheetah. Selain itu, babi hutan adalah satu-satunya spesies yang meninggalkan informasi penciuman dan melakukan ini pada frekuensi yang sama di penandaan cheetah dan pohon kontrol. Ini menunjukkan bahwa babi hutan menggunakan pohon besar sebagai tempat komunikasi mereka sendiri," tambah Edwards.

Sebaliknya, duiker biasa (Sylvicapra grimmia), spesies mangsa cheetah yang umum dan penting, lebih jarang mengunjungi pohon penanda cheetah daripada pohon kontrol. Macan tutul - pemangsa teratas di wilayah penelitian - di sisi lain, mengendus, buang air kecil, mencakar, dan menggosok bagian tubuh pada pohon penanda cheetah dan pohon kontrol. "Meskipun macan tutul mengunjungi pohon kurang dari 20 kali, ada kemungkinan bahwa mereka menggunakan pohon yang mencolok untuk komunikasi penciuman mereka sendiri dan pada saat yang sama menunjukkan di pohon penanda cheetah kehadiran mereka terhadap cheetah," kata Dr Bettina Wachter, penulis senior makalah tersebut dan kepala Proyek Penelitian Cheetah.

Baca Juga: Kisah Nahas Pertarungan Dua Cheetah Amerika yang Kini Telah Punah

Baca Juga: Inilah Makhluk Tercepat di Bumi, Anda Tidak Akan Bisa Menangkapnya