Dunia Hewan: Temuan Fosil Ini Mengubah Sejarah Asal-usul Kadal Modern

By Wawan Setiawan, Jumat, 9 Desember 2022 | 12:00 WIB
Ilustrasi Cryptovaranoides saat masih hidup di dunia hewan. (Lavinia Gandolfi)

Nationalgeographic.co.id—Spesimen yang diambil dari lemari Museum Sejarah Alam di London telah menunjukkan bahwa kadal modern berasal dari Trias Akhir dan bukan dari Jurasik Tengah seperti yang diperkirakan oleh para peneliti dunia hewan sebelumnya. Temuan ini telah diterbitkan di jurnal Science Advances pada 2 Desember dengan judul “A Triassic crown squamate.”

Kerabat fosil kadal hidup seperti biawak, monster gila (Heloderma), dan cacing lambat ini diidentifikasi dalam koleksi museum yang disimpan dari tahun 1950-an. Termasuk spesimen dari tambang dekat Tortworth di Gloucestershire, Inggris Barat Daya. Teknologi canggih masih belum ada saat itu untuk mengekspos fitur-fitur kontemporernya. Sehingga fosil ini hampir terdiam beberapa decade.

Sebagai kadal tipe modern, fosil baru ini memengaruhi semua perkiraan asal usul kadal dan ular, bersama-sama disebut sebagai ordo Squamata. Ini memengaruhi asumsi tentang laju evolusi mereka, dan bahkan pemicu utama asal usul kelompok tersebut.

Tim yang dipimpin oleh Dr David Whiteside dari Bristol's School of Earth Sciences, menamai penemuan luar biasa mereka sebagai Cryptovaranoides microlanius yang berarti 'tukang daging kecil'. Nama ini terinspirasi dan sebagai penghargaan atas rahangnya yang dipenuhi dengan gigi pemotong tajam.

Fosil kadal, menunjukkan tengkorak tampak samping. (David Whiteside, Sophie Chambi-Trowell, Mike Benton and Natural History Museum UK)

"Saya pertama kali melihat specimen ini di lemari yang penuh dengan fosil Clevosaurus di gudang Museum Sejarah Alam di London, di mana saya menjadi Associate Ilmiah. Ini adalah fosil reptile yang cukup umum, kerabat dekat Tuatara Selandia Baru. Itu adalah satu-satunya yang selamat dari kelompok itu, Rhynchocephalia, yang terpisah dari squamate lebih dari 240 juta tahun yang lalu,” jelas Dr Whiteside. "Spesimen kami diberi label 'Clevosaurus’ dan satu reptil lainnya. Saat kami terus menyelidiki spesimen tersebut, kami semakin yakin bahwa ia sebenarnya berkerabat lebih dekat dengan kadal modern daripada kelompok Tuatara.”

Whiteside menambahkan dalam penjelasannya, "Kami membuat pemindaian sinar-X dari fosil di Universitas, dan ini memungkinkan kami merekonstruksi fosil dalam tiga dimensi, dan melihat semua tulang kecil yang tersembunyi di dalam batu."

Cryptovaranoides jelas merupakan squamata karena berbeda dari Rhynchocephalia di tempurung otak, di tulang belakang leher, di daerah bahu, dengan adanya median gigi atas di bagian depan mulut, cara gigi dipasang di rak di rahang (bukannya menyatu dengan puncak rahang) dan dalam arsitektur tengkorak seperti tidak adanya palang temporal yang lebih rendah. Hanya ada satu ciri primitif utama yang tidak ditemukan pada squamata modern, sebuah bukaan di satu sisi ujung tulang lengan atas, humerus, tempat arteri dan saraf melewatinya.

Fosil seluruh spesimen menunjukkan tengkorak (kiri) dan kerangka (dasar spesimen). (David Whiteside, Sophie Chambi-Trowell, Mike Benton and Natural History Museum UK)

Cryptovaranoides memang memiliki beberapa karakter lain yang tampaknya primitif seperti beberapa baris gigi di tulang langit-langit mulut, tetapi para ahli telah mengamati hal yang sama pada kadal Kaca Eropa yang masih hidup. Banyak ular seperti Boas dan Piton juga memiliki beberapa baris gigi-gigi besar di area yang sama. Meskipun demikian, ia maju seperti kebanyakan kadal hidup di tempurung otaknya dan sambungan tulang di tengkoraknya menunjukkan bahwa ia fleksibel.

"Dalam hal signifikansi, fosil kami menggeser asal dan diversifikasi squamata kembali dari Jurassic Tengah ke Trias Akhir," kata rekan penulis Profesor Mike Benton. "Ini adalah masa restrukturisasi besar-besaran ekosistem di darat. Dengan asal-usul kelompok tumbuhan baru, terutama tumbuhan runjung tipe modern, serta jenis serangga baru, dan beberapa kelompok modern pertama seperti kura-kura, buaya, dinosaurus, juga mamalia.”

Baca Juga: Dunia Hewan: Sejarah Tersembunyi Evolusi Kadal Hijau dari Mediterania