Kisah Miris Pelayan Era Victoria, Berlaku Kasar Jadi Hak Majikan

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 8 Desember 2022 | 16:00 WIB
Kehidupan sulit menjadi pelayan di era Victoria. (Dutch)

 

Nationalgeographic.co.id—Ketika standar kesopanan sosial untuk kelas atas meningkat pada periode Victoria akhir, kebutuhan akan pelayan di Inggris Victoria juga meningkat. Sensus Inggris tahun 1891 menemukan bahwa 1,3 juta anak perempuan dan perempuan bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Victoria Inggris. Mereka biasanya direkrut antara usia 10 dan 13 tahun, setelah menyelesaikan beberapa sekolah dasar.

Banyak majikan berharap agar para pelayan yang mereka pekerjakan setidaknya memiliki kemampuan membaca dan berhitung dasar. Sulit untuk mendapatkannya pada tahun 1850-an, tetapi pada tahun 80-an dan 90-an, itu menjadi ekspektasi yang lebih realistis. 

Jika bekerja untuk keluarga kelas menengah atau keluarga kelas atas, biasanya harus tinggal di rumah tempat bekerja. Saat-saat ketika Anda harus bekerja paling keras sering kali adalah hari libur ketika semua orang libur karena biasanya, Natal, misalnya, keluarga tempat Anda bekerja akan mengadakan pesta atau makan malam dan Itulah salah satu alasan mengapa Boxing Day, sehari setelah Natal, adalah hari tradisional untuk memberikan hadiah — kotak — kepada para pelayan, itulah namanya.

Pekerjaan itu memiliki banyak kelemahan. Pertama, sebagai seorang hamba Anda selalu berada di bawah pengawasan. Anda tinggal sangat dekat dengan keluarga itu, tetapi Anda terus-menerus diingatkan bahwa Anda bukan anggotanya.

Sebagian besar majikan merasa mereka memiliki hak untuk memeriksa barang-barang milik pelayan mereka. Itu sepenuhnya tugas mereka untuk memeriksa lemari laci para pelayan dan memastikan mereka tidak mendapatkan apa pun yang ditolak majikan. Buku nasihat untuk istri kelas menengah penuh dengan instruksi tentang bagaimana Anda harus terus mengawasi para pelayan untuk memastikan bahwa mereka bertindak benar. Hingga tahun 1860, adalah sah untuk memukuli, berlaku kasar pada pelayan tanpa ganti rugi.

Kehidupan Keterasingan untuk Pelayan Victoria

Jika bekerja sebagai pelayan di keluarga yang relatif terbatas yang tidak memiliki banyak uang untuk disisihkan, Anda mungkin tidak diberi makan yang cukup. Ada banyak cerita tentang pelayan yang selalu kekurangan gizi. Jika tinggal di rumah majikan, Anda cenderung jauh dari keluarga dan teman. Seringkali Anda akan tinggal di lingkungan kelas asing, dan majikan tidak menginginkan kontak dekat antara pelayan dan keluarga. Para majikan tidak ingin para pelayan pergi menghabiskan waktu bersama keluarga mereka.

Banyak dari mereka bersikeras agar para pelayan tak memiliki pacar. Pastinya, akan sulit untuk mencegah seluruh kategori populasi memiliki pacar, terutama remaja putri. Hal ini mendorong penipuan. Gadis-gadis mencari cara untuk berhubungan dengan anak laki-laki, dan itu akan membuat majikan merasa bahwa para pelayan tidak dapat dipercaya, dan mereka berkata, "Sangat sulit untuk mendapatkan pelayan yang baik."

Umum bagi anak perempuan untuk bekerja di usia remaja dan awal 20-an, lalu pergi untuk menikah, biasanya dengan seseorang di kelas sosial mereka. Relatif kurang umum bagi perempuan untuk menghabiskan seluruh masa kerja mereka dalam pelayanan, meskipun cukup banyak yang melakukannya.

Akhirnya Menjadi Pelayan di Inggris Victoria Memiliki Sisi Terang 

Menjadi seorang pelayan memang memiliki keuntungan juga. Pertama, memberi kesempatan untuk hidup di lingkungan yang megah, tempat yang jauh lebih baik untuk melewati kehidupan kerja daripada yang pernah Anda miliki. Setiap orang kelas pekerja di London menyadari, kala itu lingkungan di sekitar berbahaya, prostitusi dimana-mana, jumlah tunawisma yang sangat banyak, dan fakta bahwa bahkan orang-orang yang tinggal di rumah pun hidup dalam kondisi kepadatan kronis— 50.000 keluarga London tinggal di kamar tunggal pada tahun 1890.

Sebagian berlaku kejam, namun di lain sisi, beberapa keluarga sangat baik kepada pelayan mereka. Ada banyak bukti yang ditulis oleh orang-orang yang tumbuh di era Victoria yang mengatakan betapa dekat mereka berhubungan dengan pelayan ketika masih anak-anak dan betapa jauhnya perasaan mereka dari orang tua mereka sendiri.