Menelusuri Jejak Para Dewa di Yunani Kuno, Begini Penampakannya

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 9 Desember 2022 | 14:00 WIB
Saat zaman sebelum masehi, orang Yunani kuno menyembah 12 dewa dengan tahta tertinggi di gunung Olympus. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Jika mendengar kata Yunani kuno, apa yang pertama kali Anda pikirkan? Athena atau Dewa Olympus? Bagi Anda yang mengikuti kisah mitologi Yunani kuno, pasti sudah tak asing tentang Gunung Olympus, Troy, dunia bawah. Lokasi-lokasi tersebut begitu penting bagi mitologi Yunani. Mari melihat lebih dalam jejak para dewa Yunani kuno dengan menelusuri ke 5 tempat ini.

Gunung Olympus

Gunung Olympus. (Michael Olsen)

Mungkin lokasi terpenting dalam semua mitologi Yunani adalah Gunung Olympus. Dikutip Theoi, Gunung Olympus adalah tempat tinggal sebagian besar dewa Yunani. Itu adalah lokasi rumah dari Dua Belas Olympian.

Dua Belas Olympian termasuk dewa dan dewi Yunani berikut: Zeus, Poseidon, Hera, Athena, Hermes, Hephaestus, Apollo, Ares, Aphrodite, Hestia, Demeter, Dionysus, dan Artemis. Ada total 13 Olympian di sini karena beberapa versi menyebutkan Hestia sebagai Olympian ke-12, sedangkan versi lain mencantumkan Olympian ke-12 sebagai Dionysus.

Troy

Bukan mitologi Yunani tanpa menceritakan kisah Pertempuran Troy selama Perang Troya. Orang Yunani perlu mengakali Trojan jika mereka ingin memenangkan Perang Troya yang panjang.

Pahlawan Yunani Odiseus menyusun rencana untuk memenangkan Perang Troya. Ketika dia dan orang-orangnya datang ke Troy, mereka akan membuat kuda besar yang akan menjadi piala bagi Trojans karena memenangkan perang.

Orang-orang Yunani akan berpura-pura menaiki kapal mereka dan meninggalkan pantai dengan kekalahan, meninggalkan kuda Troya sebagai piala bagi Troya yang menang. Sementara itu, Odysseus dan anak buahnya akan berada di dalam kuda Troya dan dibawa ke dalam kota, tanpa sepengetahuan Trojan.

Saat ini terungkap seperti yang telah diprediksi oleh Odysseus, orang-orang Yunani mulai bergerak. Mereka muncul dari kuda Troya bersenjata dan siap berperang. Mereka mengalahkan Trojan dalam Perang Troya, yang merupakan salah satu kisah terbesar dalam mitologi Yunani.

Dunia Bawah

Setelah para Olympian mengalahkan para Titan, mereka perlu membagi bumi dan menugaskan dewa untuk setiap bagian. Saudara Poseidon, Zeus, dan Hades perlu memutuskan siapa yang akan menguasai langit, lautan, dan dunia bawah.