Pandangan Soal Homoseksualitas di Mesir Kuno, Bukan Hal yang Tabu

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 7 Desember 2022 | 15:00 WIB
Niankhkhnum dan Khnumhotep, dua lakilaki Mesir kuno yang tercatat sebagai pasangan homoseksual (Advocate)

Nationalgeographic.co.id—Seks di Mesir kuno bukanlah hal yang tabu. Seperti tentang alat kontrasepsi hingga homoseksualitas. Berkat Papirus Ginekologi Kahun yang berasal dari 1800 SM, kita semua mengetahui gagasan tentang apa yang termasuk dalam konsepsi kehamilan hingga alat kontrasepsi Mesir kuno. Beberapa resep bahkan cukup sulit untuk dicerna.

Salah satu contohnya adalah penggunaan getah pohon akasia yang digunakan untuk 'menutup mulut rahim'. Ini mungkin terdengar seperti cara yang baik untuk mendapatkan infeksi yang buruk, tetapi ada beberapa bukti ilmiah bahwa ini mungkin berhasil. Permen karet mengandung spermisida yang dikenal, asam laktat. Bentuk kontrasepsi lain yang lebih mengkhawatirkan adalah diafragma yang terbuat dari kotoran buaya, kurma, akasia, dan madu. 

Orang Mesir memiliki resep untuk berbagai jenis alat kontrasepsi. Namun tidak berarti semuanya efektif. Kemungkinan besar bagi sebagian besar wanita pada masa itu, kontrasepsi ini hanya membantu menunda hal yang tak terhindarkan.

Bukti aborsi pertama yang tercatat juga berasal dari Mesir kuno. Sumbernya adalah Papirus Ebers Mesir dari tahun 1550 SM. Namun, aborsi ini tidak seperti yang kita pikirkan hari ini. Aborsi cenderung non-invasif dan non-bedah. Sebagai gantinya, minuman herbal, douche vagina, dan supositoria digunakan. Selain itu, penggunaan aktivitas fisik yang berat adalah hal yang biasa, seperti yang sering disarankan oleh dokter kepada wanita hamil untuk dihindari, untuk memicu keguguran.

Sikap terhadap Homoseksualitas di Mesir Kuno

Seks di Mesir kuno meluas ke orientasi seksual. Masyarakat Mesir pada umumnya tampak agak hetero-normatif. Dituntut menikah muda dan, jika sudah siap, akan mulai menghasilkan anak. Pernikahan dianggap serius adalah hal biasa.

Tidak banyak informasi tentang homoseksualitas di Mesir kuno, tetapi ada salah satu bukti yang menunjukkan bahwa sikap terhadap homoseksualitas mirip dengan Yunani kuno. Bukti yang dipertanyakan adalah kisah yang agak homoerotik dari dewa Seth dan Horus.

Seth, dewa badai yang diasosiasikan dengan banyak bencana alam ingin menjadi dewa tertinggi. Hanya ada satu cara yang masuk akal untuk melakukannya, yaitu dengan paksa melakukan percabulan dengan rival utamanya, Horus, untuk menunjukkan superioritas dan dominasinya. Dia berencana untuk membuat dewa lain melawan Seth dengan menunjukkan dia lemah dan feminin. Rencananya menjadi bumerang ketika Isis turun tangan, melindungi Horus dan menipu Seth untuk memakan air mani Horus yang membuat Seth tunduk.

Seth dan Horus, kedua dewa Mesir kuno ini disebut punya orientasi seksual terhadap sesama jenis. (Advocate)

Dikutip Advocate, peneliti Mark Brustman juga mengatakan Seth, saat menikah dengan saudara perempuannya Nephthys, digambarkan melakukan aktivitas seksual dengan dewa laki-laki lain seperti Horus. Seth juga digambarkan memiliki testis impoten, dan dia tidak pernah memiliki anak. Ini mungkin bukan tanda toleransi yang besar dalam budaya; Seth berperan dalam cahaya yang sangat negatif dalam banyak cerita. Dan sementara saudara kandungnya, Osiris dan Isis, mewakili kehidupan, dia mewakili gurun. Ini mungkin menunjukkan sentimen negatif tertentu tentang identitas gay. Tetapi banyak cerita menunjukkan bahwa meskipun Seth bisa disebut sebagai sosok jahat, homoseksualitasnya bukanlah yang membuatnya demikian.

Di sisi lain, makam Niankhknum dan Khnumhotep di Saqqara berpotensi melukiskan pandangan homoseksualitas yang lebih tercerahkan di Mesir kuno. Mungkin, ada beberapa ketidaksepakatan tentang apa yang diwakili oleh makam itu.

Makam di Saqqara adalah anomali karena sangat tidak biasa bahwa dua orang kelas atas yang kaya pada saat itu akan berbagi sebuah makam. Karya seni makam menunjukkan kedua pria itu dalam jarak dekat, dan situasi intim yang digambarkan tentu saja membuat mereka terlihat sangat dekat. Setelah penemuannya, beberapa Egyptologists menyarankan bahwa mereka hanya bersaudara. Bahkan mungkin kembar siam yang tidak punya pilihan selain saling menyentuh terus-menerus.