Cheng Ho, Kasim yang Membawa Tiongkok Kuno ke Panggung Dunia

By Sysilia Tanhati, Sabtu, 10 Desember 2022 | 08:00 WIB
Cheng Ho, kasim yang membawa Tiongkok kuno ke panggung dunia melalui ekspedisi laut. (Wikipedia)

Nationalgeographic.co.id - Meski menjadi salah satu kekaisaran terbesar dan kuat di masanya, Tiongkok kuno tidak memiliki minat untuk mengeksplorasi dunia. Alih-alih berada di tengah benua Asia, posisinya sebenarnya sangat strategis di pinggiran Asia. Tiongkok kuno tentu dapat memanfaatkan jaringan pelabuhan dan teluk yang luas untuk tempat nelayan dan pedagang beroperasi. Akan tetapi akhirnya Tiongkok muncul di peta dunia dan dikenal hingga kini. Sudah sejak lama terjadi perdebatan soal siapa yang berjasa mewakili Tiongkok kuno ke dunia barat. Salah satunya adalah Cheng Ho, kasim yang membawa Tiongkok kuno ke panggung dunia.

Awalnya banyak yang mengira jika Tiongkok kuno adalah bagian dari Mongol

Selama abad ke-12, bangsa Mongol sangat aktif. Di masa itu, mereka memiliki rencana besar untuk menginvasi Jepang. ini berarti sebagian besar berita yang terdengar dari Asia Timur jauh adalah tentang bangsa Mongol atau Jepang.

Oleh karena itu, sangat sedikit yang terdengar tentang Tiongkok. Banyak orang Barat berpikir bahwa Tiongkok mungkin adalah bagian lain dari Korea.

Keinginan Kaisar Yongle dari dinasti Ming untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan

Selama masa dinasti Ming di abad ke-14, Tiongkok sangat Makmur. “Kekaisaran ini menjadi pemain besar di dunia perdagangan Timur,” tulis Andrei Tapalag di laman History of Yesterday.

Kaisar Yongle merasa bahwa komoditas yang diproduksi oleh Tiongkok dapat dianggap sangat berharga oleh orang Barat. Jika ini terjadi, Tiongkok bisa memperoleh keuntungan yang besar dari perdagangan. Keuntungan itu akan dibutuhkan untuk kampanye militernya kelak.

Kaisar pun membuka jalan menuju kejayaan melalui perang saudara yang berdarah. Haus kekuasaan mungkin menjadi pemicu keinginan kuat untuk mengekspos pasukannya baik di dalam maupun di luar kekaisaran.

Baca Juga: Nestapa Pria Miskin di Tiongkok Kuno, Dikebiri demi Jadi Kasim

Baca Juga: Jalur Rempah Utara-Selatan: Simpul Filipina, Tiongkok, dan Nusantara

Baca Juga: Berasal dari Tiongkok, Ini Sejarah Mangkuk Ayam Jago yang Tersohor

Selain haus kekuasaan, Yongle juga memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Dia ingin tahu orang, hewan, atau fenomena seperti apa yang ada di seberang lautan.